Mendengarkan Warnamu (Sebuah Eksperimen Mengenai Hubungan Pirsawan Dengan Ruang Seni)
Abstract
Abstrak. Karya penulis dalam proyek ini banyak mengambil inspirasi dari proses produksi konsumsi yang terjadi pada ruang. Konteks ruang pada karya penulis kali ini ialah format "white cube" yang menjadi standar bagi ruang seni. Dengan warna putih pada dinding, ruang seni menjadi bersih dan netral tanpa terbebani konteks ruang dan sosial sekitarnya. Format ini mengandaikan ruang seni sebagai ruang yang netral-dimana secara fisik dapat mengakomodasi kepentingan untuk menjadikan karya seni sebagai fokus utama di dalam ruang tersebut. Namun "whiteness" ini tidak bekerja semata karena cat putih sebagai perangkat satu-satunya yang berpengaruh terhadap persepsi sang pencerap, namun pula terdapat bagian pirsawan sebagai pencerap warna putih itu sendiri. Karya penulis menitikberatkan pada intervensi proses dalam mencerap warna putih tersebut. Intervensi tersebut dilakukan dengan cara menyasar unsur penting yang mempengaruhi kondisi ruang, yakni cahaya. Kemudian penulis menaruh peran pirsawan secara harfiah sebagai penentu penting dalam bagaimana kondisi ruang tersebut terbentuk. Caranya ialah membuat perilaku pirsawan di dalam ruang mempengaruhi cahaya yang ada di dalam ruang tersebut. Peran perantara tersebut dimungkinkan oleh perangkat elektronik yang dirancang oleh penulis dan tim. Perangkat ini akan menangkap reaksi suara pirsawan di dalam ruang untuk kemudian dijelmakan menjadi warna yang mempengaruhi persepsi pirsawan atas ruang yang didiaminya. Dengan cara ini penulis menempatkan karya penulis sebagai upaya untuk meremediasi persepsi pirsawan dengan ruang seni. Melalui eksplorasi hubungan presentasi karya seni di dalam ruang pamer, dalam hal ini menghadirkan kontras antara yang dicerap dengan bagaimana karya tersebut dibuat secara teknis, pirsawan menjadi subjek aktif, sebagai orang yang menghasilkan dan mengalami karya itu sendiri.
Kata kunci: partisipatori; pirsawan; ruang; warna; suara.
Listen to Your Color (Experiments of Viewers and Art Space Relations)
Abstract. The author's work in this project takes a lot of inspiration from the consumption of production processes that occurs in space. The context of space in this author's work is that of the "white cube" which has become the standard format for art exhibits. With white colored walls, art exhibits are imagined to be clean and neutral, detached from the surrounding space and social context. This format assumes the art exhibit as a neutral space that can physically accommodate a work of art as the main focus in the room. However, the "whiteness" does not work simply because the white paint is the only medium affecting the perception of the perceiver; there are also viewers who are perceivers of the white color itself. The process of perceiving is an active process, where the viewer's body plays an important role in what is perceived. The author's work focuses on the intervention process of perceiving the white color. This was done by intervening the light setting, which is crucial in the perception of white. Then the author placed viewers as important determinants in shaping the condition of space. The trick is to make the behavior of viewers in the room affect the light in the room. The role of intermediaries is made possible by electronic devices designed by the author and the team. The device will capture the viewers' sounds in the room, which is then converted into a color that affects the perception of the viewers of the space they live in. By doing so, the author places his work as an attempt to remediate the viewers' perception of art space. Through exploration of the relation with the presentation of works of art in art exhibits, this work presents a contrast between what is perceived with how the work was created, then viewers become active subjects, as people who produce and experiencing the work itself.
Keywords: participatory; viewers; space; color; sound.
References
Wigley, M., Eliasson, O. & Birnbaum, D., The Hegemony of TiO2:A Discussion on the Colour White; A Conversation between Mark Wigley, Olafur Eliasson and Daniel Birnbaum, Olafur Eliasson: Your Engagement has Consequences; On Relativity of Your Reality, Lars Muller Publishers, Baden, 241-251, 2006.
Hutama, D., Ruang Publik dalam Arsitektur, Ruang Publik, Kanisius, Yogyakarta, pp. 317-327, 2010.
Merleau-Ponty, M., Phenomenology of Perception, Routledge & Kegan Paul Ltd, London, 1962.
Bishop, C., Installation Art, Tate Publishing, London, 2005.
O'Doherty, B., Inside White Cube: The Ideology of the Gallery Space, University of California Press, San Fransisco, 1999.
Widasati, A., Pengaruh Komposisi Warna dan Cahaya pada Window Display Terhadap Persepsi Visual dan Perilaku Pengunjung, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung, 2011.