Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2020)

TikTok sebagai Konstruksi Identitas pada Masa Pandemi Covid19 di Indonesia

Submitted
August 6, 2020
Published
2020-09-30

Abstract

Aplikasi TikTok merupakan aplikasi dengan fitur penyuntingan video dan musik yang dapat dimanfaatkan penggunanya untuk membuat konten tertentu. Di Indonesia, TikTok menjadi salah satu aplikasi pengisi waktu luang masyarakatnya untuk kepentingan pribadi. Penelitian ini berfokus pada analisis salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @adyroswady72, yang memanfaatkan fitur TikTok selama masa PSBB wabah Covid19. TikTok yang lekat dengan anak muda menjadi sebuah tantangan bagi @adyroswady72 untuk memasukinya. Akan tetapi, media sosial sebagai ruang siber mampu memperluas identitas diri yang sulit untuk dilewati di dunia nyata, khususnya usia. Metode kualitatif deskriptif serta teori identitas sosial digunakan untuk melihat konstruksi identitas bapak @adyroswady72, guna mengetahui sejauh mana bapak @adyroswady72 memperluas identitasnya di dalam TikTok. Hasil penelitian menemukan bahwa bapak @adyroswady72 berhasil mengonstruksi identitasnya di dalam TikTok, melalui konsistensi pembuatan konten dance serta video transisi selama masa PSBB wabah Covid19. Perluasan identitas bapak @adyroswady72 dengan kreatifitasnya menjadi bukti bahwa TikTok tidak hanya diperuntukkan bagi anak muda saja, namun untuk berbagai kalangan.

Kata Kunci: TikTok, Media Sosial, Konstruksi Identitas, Cyberspace.

References

  1. Adityasari, M. P. (2020). Deretan Artis yang Sering Main TikTok saat #Dirumahaja. Retrieved from https://www.indozone.id/tech/RMsko1/deretan-artis-yang-sering-main-tiktok-saat-dirumahaja/read-all
  2. Balsamo, A. (2000). The Virtual Body in Cyberspace. In D. Bell & B. M. Kennedy (Eds.), The Cybercultures Reader (pp. 489-503). London: Routledge.
  3. Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.
  4. Cui, X., Rui, J., & Su, F. (2016). From Immediate Community to Imagined Community: Social Identity and the Co-viewing of Media Event. Global Media and China, 1(4), 481-496.
  5. Gudykunst, W. B., & Mody, B. (2002). Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage Publications.
  6. Hui, P. (2017). Study the Transmission of Teachers' Tacit Knowledge Based on SMCR Model. Teacher Development BBS, 17(1), 67-79.
  7. Mackenzie, S. A., & Nichols, D. (2020). Finding 'Places to be Bad' in Social Media: The Case of TikTok. In D. Nichols & S. Perillo (Eds.), Urban Australia and Post-punk: Exploring Dogs in Space. Singapore: Palgrave Macmillan.
  8. Merriam, S. B. (1998). Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.
  9. Morissan, Wardhani, A. C., & Umarella, F. H. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.
  10. Putri, N. L. W. E. (2019). Interaksi Simbolik dalam Proses Komunikasi Nonverbal pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, 14(1), 11-19.
  11. Rizal, A. (2020). Diunduh 1 Miliar Kali, Pengguna TikTok Melonjak selama Pandemi Corona. Retrieved from https://infokomputer.grid.id/read/122107347/diunduh-1-miliar-kali-pengguna-tiktok-melonjak-selama-pandemi-corona
  12. Stebbins, R. A. (2012). The Idea of Leisure: First Principles. New Brunswick: Transaction Publishers.
  13. Supriyati. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Labkat Press Unikom.
  14. Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176-185.
  15. Tajfel, H. (2010). Social Identity and Intergroup Relations. Cambridge: Cambridge University Press.
  16. Tomlinson, A. (2004). Pierre Bourdieu and the Sociological Study of Sport: Habitus, Capital and Field. In R. Giulianotti (Ed.), Sport and Modern Social Theorists. New York: Palgrave Macmillan.
  17. Wood, A. F., & Smith, M. J. (2005). Online Communication: Linking Technology, Identity, and Culture. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.
  18. Woodward, K. (2004). Questioning Identity: Gender, Class, Ethnicity. London: Routledge.