Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 1 (2020)

ANALISIS PERUBAHAN SISTEM PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH ALIAH NEGERI (MAN) 1 PESAWARAN AKIBAT PANDEMI COVID-19

Submitted
August 10, 2020
Published
2020-08-10

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena melalui pendidikan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan juga merupakan prosess yang sangat penting untuk menumbuhkan karakter positif dalam diri manusia, melalui pendidikan yang tepat akan menghasilkan manusia yang pintar secara akademik dan baik secara sikap. Namun saat ini beberapa negara sedang terkena wabah virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19, dan salah satu negara yang terkena virus tersebut adalah Indonesia. Wabah virus corona memberikan dampak yang sangat besar terhadap pendidikan di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan wabah virus corona terhadap pendidikan adalah sistem pembelajaran yang berubah menjadi sistem daring (online) dan pembatalan beberapa ujian pada tingkat pendidikan dasar dan menegah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sistem pembelajaran siswa Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 pesawaran akibat covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner daring (Online). Dalam penelitian ini terlibat 61 siswa dan 1 guru sebagai responden penelitian. Penelitian ini menghasilkan fakta tentang keunggulan dan kekurangan dari sistem belajar daring yang dialami oleh siswa dan tenaga pendidik MAN 1 Pesawaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan evaluasi bagi sekolah-sekolah lain yang ingin menerapkan sistem pembelajaran daring agar dapat digunakan secara maksimal. Kata Kunci : Pendidikan, virus corona, pembelajaran secara daring.
ABSTRACT Education is very important, because through education quality human resources can be produced. Education is also a very important process to foster positive character in humans, proper education will produce humans who are academically smart and good in attitude. However, currently several countries are affected by the corona virus outbreak that causes COVID-19 disease, and one of the countries affected by the virus is Indonesia. Corona virus outbreak has a very big impact on education in Indonesia. The impact of the corona virus outbreak on education is learning system turned online and cancelation of several examinations at the elementary and middle education level. This study aims to analyze changes in the learning system of students of Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Pesawaran due to COVID-19. This research utilizes the online questionnaire method. In this study 61 students and 1 teacher are involved as research respondents. This study generates facts about the advantages and disadvantages of online learning systems experienced by students and educator at MAN 1 Pesawaran. The results of this study can be used as an evaluation for other schools wishing to implement an online learning system so that it can be used optimally. Keywords: Education, corona virus, online learning.

References

  1. Arifin, H. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
  2. Budiman, H. (2017, Mei 8). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Islam, 77.
  3. Chaterine, R. N. (2020, Maret 18). Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online. Dipetik April 17, 2020, dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-4943637/sekolah-diliburkan-cegah-corona-nadiem-berlakukan-sistem-belajar-online
  4. Husaini, M. (2014, Mei). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN (E-education). Jurnal Mikrotik, 2, 3.
  5. Nurkholis. (2013, Nopember 1). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, 1, 24. Dipetik April 27, 2020 Putri, S. (2020, April 17). Update Corona 17 April: 2,18 Juta Orang Terinfeksi, 547.295 Sembuh. Dipetik April 17, 2020, dari Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/ read/2020/04/17/101255723/update-corona-17-april-218-juta-orang-terinfeksi547295-sembuh
  6. Shaumi, A. N. (2015, Desember). PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2, 240.