Tulisan ini akan memaparkan apakah pembelajaran berbasis permainan menggunakan kartu dapat membantu siswa dan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan yang terkait dengan bahasa. Dari beberapa penelitian berbasis games menunjukan bahwa para peserta menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan permainan, khususnya kartu pendidikan dan merasa bahwa pendekatan tersebut berkontribusi pada pembelajaran. Permainan kartu difokuskan pada kosa kata sinonim dan antonim. Dengan asumsi bahwa kemampuan verbal merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran siswa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan bahasa apabila ia menguasai kemampuan atau bakat verbal. Kapasitas ini juga akan berpengaruh pada semua bidang studi. Dengan demikian peningkatkan perbendaharaan kata melalui permainan sinonim dan antonim merupakan salah satu cara mengembangkan kemampuan verbal. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode statistik, nilai yang didapat oleh siswa melebihi batas signifikan, sehingga ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dengan prestasi belajar siswa.