Angka Dalam Berita, Siapa Takut

Authors

  • Chandra T. Putra KK Ilmu Kemanusiaan FSRD ITB

Abstract

Dalam masa globalisasi dan internet, informasi datang dari segala penjuru, gaya berkomunikasi pun telah berevolusi dengan melibatkan angka-angka sebagai penunjang argumentasi penyedia informasi untuk meyakinkan pembacanya. Masalah kemudian muncul ketika kebenaran yang dicoba untuk diwakili oleh angka tersebut bertemu dengan konsumen dengan berbagai jenis kualifikasi kepekaan terhadap informasi. Angka yang sejatinya bersifat eksak, menurut Blastland dan Dilnot, ketika menjadi agen informasi bisa menjadi tidak sepasti sifat aslinya. Kadang terkandung motif-motif politis atau marketing di dalam angka, atau juga hanya kesalahan interpretasi penyalur informasi terhadap suatu angka. Kadang juga informasi yang terkandung sudah benar, tapi tidak menyeluruh sehingga pembaca sulit mengetahui apa sebenarnya informasi yang ingin disampaikan media yang bersangkutan.

Published

2008-12-01

Issue

Section

Book Review