DIFERENSIASI WANDA-WANDA ARJUNA GAGRAK SURAKARTA DALAM PENGUKURAN DAN PERHITUNGAN SECARA MATEMATIS

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2020.19.1.1

Authors

  • Ratna Cahaya Wirawan Institut Teknologi Bandung
  • Yasraf Amir Piliang Institut Teknologi Bandung
  • Ira Adriati Institut Teknologi Bandung
  • I Irfansyah Institut Teknologi Bandung

Keywords:

Arjuna, wayang kulit, diferensiasi, wanda

Abstract

Arjuna dalam wayang kulit memiliki bentuk ekspresi (disebut dengan wanda) yang penciptaannya didasarkan pada bentuk dan posisi tubuh dan diidentifikasi dengan menggunakan rasa. Penelitian ini melangkah lebih jauh dari sekedar rasa untuk mencari diferensiasi secara terukur pada wanda-wanda Arjuna dan membaca pola dari diferensiasi tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengukur dan menghitung secara matematis elemen-elemen Arjuna wayang kulit. Arjuna wayang kulit dalam penelitian ini dilihat sebagai suatu struktur di mana setiap elemen-elemennya terkait satu sama lain sehingga dapat diketahui diferensiasinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pola diferensiasi yang bersifat kontinum dari tiga yang menjadi obyek penelitian, di mana wanda Kinanthi mengantarai diferensiasi wanda Kedhu yang menjadi patokan (titik awal) dan wanda Muntap yang menjadi titik akhir. Pola yang muncul ini dapat digunakan untuk memperkirakan arah penciptaan wanda berikutnya.

References

Anapolitanos, D. (1999). Leibniz: Representation, continuity and the spatiotemporal. New York, USA: Springer-Science + Business Media, B.V.

Bagoue, R. (1991). Mimesis in contemporary theory an interdisciplinary approach, volume 2: mimesis, semiosis, and power. Philadelphia, USA: John Benjamins Publishing Company.

Deleuze, G. (2001). Difference and repetition. London, UK: Continuum.

Haryoguritno, H. (1996). Wayang purwa gagrak Surakarta ditinjau dari aspek seni rupanya, Makalah. Pekan Wayang 1996.

Piliang, Y. & Jaelani, J. (2018). Teori budaya kontemporer - penjelajahan tanda dan makna. Yogyakarta, Indonesia: Aurora (Kelompok Cantrik Pustaka).

Pumain, D. (2006). Hierarchy in natural and social sciences, Dordrecht, The Netherlands: Springer.

Saussure, F. de, & Harris, R. (2013). Course in general linguistics. London, UK: Bloomsbury Academic.

Suwarno, B. (2015). Wanda wayang purwa tokoh Pandawa gaya Surakarta: Kajian bentuk, fungsi, dan pertunjukan, Rangkuman Disertasi Program Pascasarjana, Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles