ANARKISME DALAM ANGRY BIRDS
Abstract
Angry Birds bukan hanya permainan digital yang lucu, seperti yang kerapkali dianggap banyak orang selama ini. Banyak hal yang terungkap di balik kelucuan itu, di antaranya, aksi anarkistis. Aksi anarkistis tersebut mengingatkan pikiran kita pada beberapa peristiwa serupa yang kerapkali terjadi di negeri ini. Untuk mengungkapkan hal itu, penulis menggunakan teori semiotik Roland Barthes dan eksplorasi ilmiah yang dilakukan oleh Huesmann. Teori Barthes digunakan untuk membedah tanda-tanda yang terdapat pada games tersebut, sedangkan teori Huesmann digunakan untuk mengeksplorasi efek yang ditimbulkan dari persinggungan antara manusia dan games yang bertemakan kekerasan tersebut. Sementara itu, pandangan Dittmar digunakan untuk mengurai afek yang muncul dari kebiasaan itu. Banyak hasil eksplorasi, salah satu di antaranya penelitian Huesmann, membuktikan bahwa tayangan kekerasan, disadari atau tidak, akan memberikan dampak tertentu kepada penontonnya. Angry Birds dan sederet permainan serupa juga disadari atau tidak akan meninggalkan jejak serupa pada kurun waktu tertentu. Tulisan ini memaparkan aspek anarkisme ditinjau dari sudut semiotik dan dampak yang mungkin muncul dalam games tersebut. Key Words: Angry Birds, games, kematian, anarkis, efek, dan afek. Angry Birds is not just a cute, funny, digital games as commonly considered by many people during this time. Many things are revealed behind the cuteness of it, among other things, the anarchism. Anarchism are reminded of our thoughts on some events that occur in several parts of country. To reveal it, I uses the semiotic theory of Roland Barthes and scientific exploration of L. Rowell Huesmann. Barthes' theory explorates the signs contained in those games while Huesmann theory explores the effect of the critical interface between humans and violent-themed games. Meanwhile, Dittmar's views used to disentangle affect of that habit. A lot of the exploration results, as Huesmann did, proving that a violent, realized or not, will give the specific impact to someone. Angry Birds and a series of similar games also realized or will not leave a trace in similar time. This paper described the anarchism viewed from semiotic, and the effect and affect that may appear in the games. Key Words: Angry Birds, games, death, anarchy, effect, and affect.References
BBC. 2001. "•Horror of Borneo Massacre Emerge"- dalam http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/1191865.stm diunduh tanggal 7 Juni 2012, pukul 20:54 WIB. Dittmer, Jason. 2010. "•Popular Culture, Geopolitics, and Identity"-. United Kingdom: Rowman & Little Publishers, Inc.
Fadly, Tegar Arief. 2012. "•Beruntung KPK Tidak Terjebak Permainan Ayin"- dalam http://news.okezone.com/read/2012/07/24/339/667955/beruntung-kpk-tidak-terjebak-permainan-ayin
Anarkis Dalam Angry Birds diunduh tanggal 16 Agustus 2012, pukul 07:44 WIB. Hoed, Benny H. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu. Huesmann, L. Rowell. 2007. "•The Impact of electronic media violence: scientific theory and research"-, artikel dalam Journal of Adolescent Health 41, hlm. S6-S13. Lampu Hijau. 2009. "•"- dalam http://www.voltras.net/story/lampu-hijau/kebudayaan-seppuku-hara-kiri-jepang diunduh tanggal 16 Agustus 2012, pukul 07:01 WIB.
Mahayana, Maman S. 2011. "•Tafsir Atas Cover Majalah Tempo"- dalam http://mahayana-mahadewa.com/ 2011/05/23/tafsir-atas-cover-majalah-tempo/ diunduh tanggal 7 Juni 2012, pukul 09:17 WIB. Medianto, Ahmad. 2011. "•Budaya Anarkisme Sepakbola di Indonesia"- dalam http://medyfrezee15.blogspot.com/2011/03/budaya-anarkisme-sepakbola-indonesia.html diunduh tanggal 7 Juni 2012, pukul 06:41 WIB.
Prihadi, Susetyo Dwi. 2011. "•Di Balik Sejarah Angry Birds"- dalam http://techno.okezone.com/read/201/ 09/13/326/502080/di-balik-sejarah-angry-birds diunduh tanggal 6 Juni 2012, pukul 20:35 WIB. Rohmat. 2011. "•Galungan, 3 Hari Kantor Tutup, Warga Bali Pesta Babi"- dalam http://news.okezone.com/read/2011/07/05/340/476362/galungan-3-hari-kantor-tutup-warga-bali-pesta-babi diunduh tanggal 7 Juni 2012, pukul 09:18 WIB. Srikandi. 2012. "•Disini Babi Binatang Penuh Makna"- dalam http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/3/971/disini_babi_binatang_penuh_makna diunduh tanggal 7 Juni 2012, pukul 21:35 WIB.
Wijayanti, K. Leni. 2010. "•Haruskah Anarkisme Menjadi Budaya Kita?"- dalam http://sosbud.kompasiana.com/2010/06/10/haruskah-anarkisme-menjadi-budaya-kita/ diunduh tanggal 6 Juni 2012, pukul 20:32 WIB. Zulasyraf. 2011. "•Sejarah Angry Birds"- dalam http://juong-journal.blogspot.com/2011/06/anda-para-gadget-anthusiast-pasti.html diunduh tanggal 16 Agustus 2012, pukul 05:30 WIB.