A COMPARATIVE STUDY OF ONLINE NEWS SITE SERVICE BASED ON CONSUMER PREFERENCE TO THE STUDENT OF TELKOM INSTITUTE OF MANAGEMENT IN 2011 (Objective of the Study: Detik.com, Kompas.com, Okezone.com, and Vivanews.com)
Abstract
Pertumbuhan internet telah mengalami percepatan dalam berbagai aspek. Salah satu dampaknya adalah munculnya situs berita online. Pada tahun 1998, Detik.com dan Kompas.com muncul sebagai appiared jurnalisme online. Kemudian, pada tahun 2007 dan 2008, Okezone.com dan Vivanews.com menjadi pesaing besar di antara situs berita online di Indonesia. Empat dari situs-situs tersebut telah secara drastis mengubah peta industri di situs berita online. Ketika pengguna harus memilih situs, mereka menemukan kesulitan untuk membandingkan konten. Ini berarti bahwa berita online perlu memiliki preferensi mereka sendiri untuk bersaing satu dengan yang lain. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi E-service yang bergantung pada kemudahan penggunaan, ketersediaan sistem, keandalan, sifat responsif, dan kepercayaan. Di samping itu, akan digunakan juga E-qual yang mencakup aksesibilitas, navigasi, desain dan presentasi, isi dan tujuan, interaktivitas, kustomisasi, dan personalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati faktor preferensi pengguna dalam memilih situs berita online. Kami menggunakan atribut E-service dan e-qual, positioning peta kompetisi empat situs berita online, dan positioning strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis dilakukan melalui dua tahap observasi. Tahap pertama digunakan analisis faktor dengan tujuan mencari atribut yang telah digunakan oleh pengguna ketika mereka memilih situs yang menarik perhatian mereka. Jumlah responden, 150 orang. Untuk mengatur peta positioning, responden diambil melalui kenyamanan dengan pengambilan sampel dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, faktor preferensi konsumen dalam memilih situs berita online adalah kepercayaan, akses, desain website, akurasi, komunikasi, dan interaksi. Untuk peta positioning pertama, Detik.com menempati tempat teratas sebagai preferensi konsumen. Kompas.com menjadi yang terbaik pada akurasi berita, sementara Vivanews.com dipilih karena desain laman yang bagus, diikuti oleh desain laman Detik.com. Posisi terakhir adalah Okezone.com untuk semua faktor atribut preferensi. Layanan situs berita online membutuhkan keunikan dalam rangka memenangkan persaingan terberat antara ke-empat situs berita online. Kata Kunci: Konsumen Preferensi, Situs Berita Layanan Online, E-Service, E-Qual, Analisis Faktor, MDS. The growth of internet has been in acceleration in various aspects. One of the impacts is the appearance of online news site. In 1998, Detik.com and Kompas.com appeared as the appiared of online journalism. Then, in 2007 and 2008, Okezone.com and Vivanews.com made a great competition among Indonesian online news site. Four of the sites have transformed the industrial map drastically in online news sites. When the users have to choose the site, they find difficulties to compare the content. It means that news online need to have their own preference to compete with each other. The variable used in this research is E-service dimension that relies on ease of use, system availability, reliability, responsiveness, and trust. In addition, it will also use E-qual that covers accessibility, navigation, design and presentation, content and purpose, interactivity, customization, and personalization. The purpose of this research is to observe the users preference factors in selecting online news sites. We use e-service and e-qual attributes, positioning map of four online news site competitions, and positioning strategy. This research used the descriptive method. The analysis was done through two observation stages. The first stage used factor analysis on a purpose of finding the attributes that have been used by the users when they were selecting the sites they are interested in. The total respondent is 150 people. To arrange the positioning map, the respondents were taken through convenience with modified sampling. Based on the research, the consumer preference factors in choosing the online news site are trust, access, website design, accuracy, communication, and interaction. For the first positioning map, Detik.com is placed at the top of consumers' preterence. Kompas.com goes at the best of news accuracy, while Vivanews.com voted because of its marvelous website design, followed by Detik.com website design. The last position is Okezone.com for all attributes preference factors. The service of online news site requires the uniqueness in order to win the toughest competition among four all online news sites. Keyword: Consumer Preference, Online News Site Service, E-Service, E-Qual, Factor Analysis, MDS.References
BOOK Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik -6/E. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cooper, Donald and Pamela Schindler. (2006). Marketing Research (International Edition). Boston: Mc Graw Hill. Hoffman, Douglas and John Bateson. (2006). Services Marketing Concepts, Strategies, Cases (Third Edition). South Western: Thomson. Hair, Joseph, et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. Indriyantoro, Nur. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Gramedia. Juanim. (2004). Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran: Teknik Pengolahan Data SPSS dan LISREL. Bandung: Fakultas Ekonomi UNPAS. Kotler, Philip. (2002). Marketing Manajemen (Millenium Edition). Jakarta: Gramedia.
(2004). Marketing Management (11th ed.). Canada: Prentice Hall
, dan Gary Armstrong. (2006). Principles of Marketing (11th ed. International Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
, dan Kevil Lane Keller. (2009). Marketing Management (13th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc. Lovelock, Christopher and Jochen Wirtz. (2007). Services Marketing People, Technology, Strategy (6th ed.). United States of America: Pearson Prentice Hall. Rahayu, Sri. (2005). SPSS v.12 dalam Riset Pemasaran (Edisi 5 Jilid 1). Jakarta: Erlangga. Riduwan, dan Akdon. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik (Cetakan Kedua). Bandung: Alfabeta. Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Edisi 4 Buku 2). Jakarta: Salemba Empat. Simamora, Bilson. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suliyanto. (2005). Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Zeithaml, Valarie and Mary Joe Bitner. (2003). Services Marketing (International Edition). New York: The Mc Graw Hill International Inc. JOURNAL Cai, Shaohan dan Minoon Jun. (2003). International Journal of Managing Service Quality. Internet User's Perception of Online Service Quality: A Comparison of Online Buyers and Information Searches, 13(6), 504-519. Dalimunthe, Rita, et.al. (2008). Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Sumatera Utara. Analisis Persepsi Pasien Partikulir Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas di Ruang Rawat Inap RS Islam Malahayati Medan Tahun 2007, 1(1), 18-26.
A Comparative Study Of Online New Site Service based On Consumer Preference To The Studen Of Telkom
Institute Of Managemet 2011
Jurnal Sosioteknologi Edisi 28 Tahun 12, April 2013 275
Gummerus, Johanna. (2010). International Journal of Managing Service Quality. E-Services as Resources in Customer Value Creation, 20(5), 425-439. Hidayani, Sari Dewi dan Syafrizal. (2008). Kumpulan Jurnal Universitas Andalas. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning Program Pendidikan Magister (Studi Pada Institusi Penyelenggara MM di Kota Padang), 13(2), 298-305. Hongxiu, Li. (2007). Measurement of E-Service Quality: An Empirical Study on Online Travel Service, 1-12. Samuel, Hatane. (2006). Kumpulan Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra Surabaya. Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi, 8(2), 101-115. Santos, Jessica. (2003). International Journal of Managing Service Quality. E-Service Quality: A Model of Virtual Service Quality, 13(3), 233-346. Santoso, Joseph Teguh. (2008). Kumpulan Jurnal Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer. Pilihan dan Preferensi Konsumen di Dalam E-Service, 2(1), 55-62. Yang, Zhilin dan Xiang Fang. (2004). International Journal of Service Industry Management. Online Service Quality Dimensions and Their Relationships with Satisfaction, 15(3), 302-326.
et.al. (2004). International Journal of Operations Production Management. Measuring Customer Perceived Online Service Quality, 24(11), 1149-1174. Skripsi Andriani, Fitri. (2007). Pemetaan Posisi Persaingan Internet Service Provider Berdasarkan Preferensi Pengguna Internet Terhadap Integrated Marketing Program di Kota Bandung. Skripsi pada SMTM IM Telkom Bandung: tidak diterbitkan. Hilman, Achmad. (2007). Studi Komparatif CV Amanda, J&C Cookies, dan PT Tirta Ratna Berdasarkan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Jajanan Roti dan Kue. Skripsi pada SMTM IM Telkom Bandung: tidak diterbitkan. Natalia, Kritin. (2008). Nilai Ekuitas Perguruan Tinggi Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Konsumen Perguruan Tinggi. Skripsi pada Jurusan Tekhnik Industri ITB Bandung: tidak diterbitkan. Pratiwi, Padma. (2010). Studi Komparatif Produk Internet Wireless Berdasarkan Preferensi Konsumen Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bandung Pada Tahun 2010. Skripsi pada SMTM IM Telkom Bandung: tidak diterbitkan. Ramanatha, Putu. (2009). Peta Persepsi Siswa SMA Negeri dan Swasta Kelas XII Dalam Menentukan Perguruan Tinggi Jurusan Manajemen Bisnis di Bandung Tahun 2009. Skripsi pada SMTM IM Telkom Bandung: tidak diterbitkan. Website
Akanegara. (2011)). Perkembangan Pengguna Internet Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Jual Beli Online. [Online]. http://blog.uad.ac.id/akanegara/2011/04/01. [21 September 2011].
Firdaus, Ihsan. (2011). 10 Website Berita Terpopuler di Indonesia. [Online]. www.ihsanfirdaus.com [21 September 2011].
A Comparative Study Of Online New Site Service based On Consumer Preference Fuady,M.N. (2011). Daftar Situs Berita Online yang Ada di Indonesia. [Online]. www.mnfuady.wordpress.com [15 September 2011]
Prayitno. (2001). Sekilas Perkembagan Internet di Indonesia. [Online]. www.goechi.com/newsletter.html [21 September 2011].
Sarie. (2010). Survei Master: Okezone 3 Besar Situs Berita Terpopuler. [Online]. http://suar.okezone.com [21 September 2011].
Saputra, Desy. Pembaca Koran Tersisa 15%. [Online]. www.antaranews.com. [22 Oktober 2011]
Asia Top Internet Countries 31 Maret 2011. [Online]. www.internetworldstats.com. [21 September 2011].
Top Sites in Indonesia. [Online]. www.alexa.com. [28 September 2011].
Company Profile Agrakom www.agrakom.com [22 September 2011]
Company Profile Detikcom www.detik.com [22 September 2011]
Company Profile Kompas Gramedia www.kompasgramedia.com [22 September 2011]
Company Profile Kompas www.kompas.com [22 September 2011]
Company Profile Okezone www.mnc.co.id [22 September 2011]
Company Profile VIVA www.viva.co.id [22 September 2011]
Data Pengguna Internet di Indonesia www.kadin-indonesia.or.id [21 September 2011]
Data Pengguna Internet di Indonesia www.teknojurnal.com [28 September 2011]
Persentase Konten Berita Online www.chip.co.id [28 September 2011]
Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia www.effectivemeasure.com [21 September 2011]