THE EFFECT OF WEB-BASED ACADEMIC INFORMATION SYSTEM TO ACADEMIC SERVICE QUALITY AT COMMUNICATION DEPARTMENT OF TELKOM INSTITUTE OF MANAGEMENT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akademik berbasis web pada kualitas layanan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan populasi 192 siswa. Dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh 130 siswa sebagai sampel. Berdasarkan persepsi siswa, hasil penelitian menunjukkan sistem informasi akademik berbasis web berada dalam kategori baik di 70,95%. Kualitas pelayanan akademik juga berada dalam kategori baik 68,24%. Hasil perhitungan statistik menunjukkan sistem informasi akademik berbasis web (X) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan akademik (Y) pada Jurusan Komunikasi Institut Manajemen Telkom dengan efektivitas 32,9%. Sisanya adalah (100% - 32,9%) = 67,1% dari luar penelitian ini. Kata kunci: sistem informasi akademik, kualitas pelayanan The aim of this study is to determine the effect of web-based academic information system on academic services quality. The research method is causal quantitative research. The sampling technique used simple random sampling with the population of 192 students. By using Slovin formula, it obtained 130 samples of students. Based on students perception, the result shows the web-based academic information system are in good category at 70.95%. The quality of academic services is also in good category at 68.24%. Statistical calculation result shows web-based academic information system (X) has significant effect on academic services quality (Y) at Communication Department of Telkom Institute of Management by 32.9% effectiveness. The remaining is (100% - 32.9%) = 67.1% from out of this research. Keywords: academic information systems, service qualityReferences
Arifin, Mochamad. 2002. Pemanfaatan Media Web Site Sebagai Sistem Informasi Akademik dan Sarana Pembelajaran Mandiri dalam Pengaruhnya dengan Prestasi Belajar Mahaiswa, Jurnal STIKOM Vol.6 No. 2 Sept 2002
Agustiani, Nurul Huda. 2010. Pengaruh Pemanfaatan SIKADU terhadap Kinerja Individual dengan Kemudahan Penggunaan Variabel Moderating. Semarang: Universitas Diponegoro.
Al-Bahra, Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Kotler, Philip. 2007. Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). Jakarta: PT. Indeks.
Management Research. 2010. Manajement File: Peran Service Quality dalam Meningkatkan Profitabilitas. 11 Juni 2010. (www.managemetfile.com, diakses 13 November 2012) O'brien,
James A. 2006 . Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta
Tjiptono, Fandi. 2006. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogjakarta:Andi Offset
Tjiptono, Fandi dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Andi Offset: Yogjakarta.