ANALISIS SIKAP MULTIATRIBUT FISHBEIN MENGENAI ATRIBUT OBAT HERBAL MEREK TOLAK ANGIN SIDO MUNCUL DI KOTA BANDUNG
Abstract
Metode pengobatan herbal saat ini diyakini sebagai metode pola hidup sehat. Meningkatnya kecenderungan ini karena masyarakat berkeyakinan mengonsumsi obat alami relatif lebih aman di bandingkan dengan obat sintetik. Hal ini yang menjadi latar belakang dilakukan penelitian mengenai sikap konsumen mengenai produk obat herbal merek Tolak Angin Sido Muncul di kota Bandung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model multi atribut fishbein yaitu attitude toward to object model dan theory of reasoned action. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk, fitur produk, desain produk, merek, kemasan, promosi penjualan, layanan pelengkap dan harga. Variable norma subjektif yang digunakan adalah keluarga, teman, media, penjual, dan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: (i) atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen memiliki nilai rata-rata 1.06. Atribut yang dianggap paling penting oleh responden adalah atribut kualitas dari sisi keampuhan khasiat obat (performance) dengan nilai 1.75, sedangkan nilai evaluasi terendah adalah atribut layanan pelengkap dari sisi konsultasi gratis (consult) dengan nilai 0.1. (ii) Total nilai sikap konsumen (Ao) sebesar 19.35. Sikap yang dianggap paling baik oleh konsumen adalah sikap mengenai atribut harga dari sisi harga murah (pricing) dengan nilai 2.71, sedangkan nilai sikap terendah adalah sikap mengenai atribut layanan pendukung dari sisi konsultasi gratis (consult) dengan nilai 0. (iii) Total nilai norma subjektif (SN) sebesar 5.46. Norma subjektif yang dianggap paling dominan dalam memengaruhi keputusan konsumen adalah media dengan nilai 2.36, sedangkan norma subjektif paling rendah adalah orang lain dengan nilai 0.28. Kata kunci: atribut produk, sikap multi atribut fishbein, norma subjektif Herbal treatment methods have currently been accepted as a method of healthy lifestyle. The increase of this tendency may result from the belief that it is safer to consume natural medicine than synthetic drugs. This is the background to do research on consumers' attitude about the brand of herbal medicinal products Tolak Angin Sido Muncul in Bandung. The method of data analysis used in this study is a model of Fishbein's multi-attribute toward the object model and the theory of reasoned action. The attributes used in this study are product quality, product features, product design, branding, packaging, sales promotion, complementary services and prices. The subjective norm variables used were family, friends, the media, vendors, and others. The results of the research and analysis are as follows: (i) the attributes considered by consumers have an average value of 1:06. The attributes considered most important by respondents were the quality attribute in terms of the efficacy of the drug performance with a value of 1.75, while the lowest is the complementary service attribute in terms of free consultation with a value of 0.1. (ii) The total value of the consumer's attitude (Ao) was of 19.35. The attitude considered the best by consumers was pricing, the lowest price, with a value of 2.71, while the lowest value of the attitude was that of supporting services in terms of free consultation, with a value of 0. (iii) The total value of the subjective norm (SN)was 5.46. The subjective norm considered most dominant in influencing consumers' decision is the media with a value of 2.36, while the lowest subjective norm is other people with a value of 0.28. Keywords : product attributes, Fishbein multi-attribute attitude, subjective normReferences
Cannon, Joseph P. &Perreault, William, D et al. (2009). Basic Marketing, a Marketing Strategy Planning Approach. Boston: McGraw Hill
Cooper, Donald R dan Pamela S. Schindler. (2008). Business research Methods (Tenth Edition). Singapore : Mc Graw Hill.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1, Edisi 12). Jakarta: Erlangga
Kristianto, Paulus Lilik. 2011). Psikologi Pemasaran : Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran. Jakarta : CAPS .
Malhotra, Naresh K. (2009). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan (Jilid 1, Edisi 4). Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Nitisusastro, H. Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta
Sarwono, Jonathan & Tutty Martadiredja. (2008). Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Andi
Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7th Edition Setiadi, Nugroho J., (2008) .Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia
Sumarwan, Ujang et al. (2012). Riset Pemasaran dan Konsumen, Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Buku Seru
Umar, Husein. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta : PT SUN
Zikmund, Babib, Carr et al. (2010). Business Research Methods (Eighth Edition). Canada : South-Western