ANALISIS PERBANDINGAN NILAI TOEFL DENGAN NILAI MATA KULIAH BAHASA INGGRIS MAHASISWA Studi Kasus Mahasiswa Telkom Economics and Business School, Telkom University
Abstract
Saat ini Test of English as A Foreign Language (TOEFL) telah menjadi tren di dunia akademis. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun pemerintah, menerapkan skor TOEFL sebagai salah satu syarat untuk lulus ujian tesis. Selain itu, pentingnya bahasa Inggris di perguruan tinggi ditunjukkan dengan adanya mata pelajaran bahasa Inggris sebagai Mata Kuliah Umum atau Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang biasanya diberikan dalam dua semester. Di Sekolah Ekonomi dan Bisnis Telkom, Telkom University, bahasa Inggris umumnya diberikan di setiap semester, ganjil dan genap, di tahun pertama. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan nilai TOEFL mahasiswa, nilai mata kuliah General English, dan nilai mata kuliah English for Business. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan di antara ketiga nilai/skor tersebut dan mengetahui apakah perbedaan tersebut bersifat signifikan atau tidak. Uji sampel berpasangan dan analisis varians (ANOVA) digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik analisis untuk mengetahui apakah perbedaan antara ketiga nilai itu signifikan atau tidak. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Telkom Economy and Business School, Telkom University yang telah lulus TOEFL, Bahasa Inggris I (General English), dan Bahasa Inggris II (English for Business). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif ada perbedaan yang signifikan antara ketiga nilai tes bahasa Inggris. Kata kunci : TOEFL, General English, English for Business, nilai, perbedaan Recently, Test of English as A Foreign Language (TOEFL) has become a trend in the academic world. Some universities in Indonesia, both private and state, apply TOEFL score as one of the requirements to pass thesis examination; in addition, the importance of English in higher education is shown by the existence of English subjects as general subjects or Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) which are commonly given in two semesters. In Telkom Economics and Business School, Telkom University, English is generally given in each semester, odd and even, of the first year. This research is conducted to compare students' scores in TOEFL, General English subject, and English for Business subject. The aim of the research is to find out whether there is a difference between the three scores, and to figure out the significance of the difference. Paired Sample Test and Varians Analysis (ANOVA) were used in this research as the analysis techniques to find out whether the differences of the three scores were significant or not. Population of the research were students of Telkom Economics and Business School, Telkom University who had passed the TOEFL, Bahasa Inggris I (General English subject ), and Bahasa Inggris II (English for Business subject). The result of the research shows that there is a significant difference between the three scores of the English tests. Keywords : TOEFL, General English, English for Business, score, differenceReferences
Alderson, J. Charles. Lyons, Dan. (1996). TOEFL preparation courses: a study of washback. Language Testing Journal. November 1996 vol. 13 No. 3 280-297
Anggiearanidipta, Suma. Jurus-jurus menjawab tes TOEFL, Diakses pada: www.carajawab.com 14 Mei 2011.
Anthony, Edward. (1989). English language teaching: approach, method, and technique. Cambridge: Cambridge University Press.
Brown, Douglas H. (2001). Teaching by principles: an interactive approach to language pedagogy. New York: Addison Wesley Longman Inc.
Ervani, Seyed Shiva. (2011). An investigation on the attitudes of IELTS and TOEFL IBT teachers : a quantitative & qualitative analysis. British Journal of Education, Society & Behavioural Science vol 4 issue: 1. pp 122-132
Han, Youngju dan Ellis, Rod. (1998). Implicit knowledge, explicit knowledge and general language proficiency. Language teaching research journal. Januari 1998 vol. 2 no. 1 1-23
Kokhan, Kateryna. (2012). Investigating the possibility of using TOEFL scores for university ESL decision-making: Placement Trends and Effect of Time Lag. Language testing journal. April 2012 vol. 29
Laborda, Garda Jesus. (2008). Is The TOEFL Exam Aimed at Everyone?. The Eurocall Review. Issue number 14. Diakses melalui http: //www. eurocall.languages. Diunduh pada 12 Maret 2012
Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik terapan untuk penelitian-penelitian sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tes TOEFL, http://www.iief.or .id/. Diakses pada tanggal 10 Mei 2011.
Torghabeh, Askarzadeh Rajabal & Mehr, Yazdan Elhalm. (2011). EFL Learner's evaluation on writing task in Iranian's TOEFL & IELTS preparation course in light of the process-oriented approach. Iranian Journal of Applied Language Studies Vol 3. Issues 1. 2011. Pp 27-50
Walpole, Ronald E. (1995). Pengantar statistika edisi ke-3. Jakarta:Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zuhair, E. (2010). Devensive learning & the TOEFL barier : a case study. Academic Journal Article Vol 132. No 2. Pp 117-2012





