PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM JABAR DIGITAL DALAM AKUN INSTAGRAM RIDWAN KAMIL SEBUAH KAJIAN SOSIO-DIGITAL

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.3.5

Authors

  • Chairil Nur Siregar Institut Teknologi Bandung
  • Sutiadi Rahmansyah Institut Teknologi Bandung

Keywords:

Kata Kunci, Persepsi, Partisipasi, Digital, Ridwan Kamil, Instagram

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap implementasi program Jabar Digital melalui akun resmi gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kamil, di Instagram @ridwankamil. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari 20 (dua puluh) gambar yang diunggah oleh Ridwan Kamil berkaitan dengan program Jawa Barat Digital dari bulan Januari hingga Mei 2019. Dari 20 (dua puluh) data tersebut, dua buah gambar dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan jumlah dan relevansi data tentang persepsi dan partisipasi masyarakat Jawa Barat. Komentar masyarakat dalam kedua unggahan ini berjumlah 1.666 (seribu enam ratus enam puluh enam). Komentar tersebut kemudian dianalisis dan digunakan sebagai data utama dalam mengungkap persepsi dan partisipasi masyarakat pada program yang diselenggarakan oleh Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak masyarakat berpersepsi positif terhadap program Jabar Digital dan masyarakat mau berpartispasi dan berperan serta dalam program tersebut.

Author Biographies

Chairil Nur Siregar, Institut Teknologi Bandung

KKIK - Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Sutiadi Rahmansyah, Institut Teknologi Bandung

KKIK - Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

References

Anderson, B.Y.M., (2015). Technology device ownership 2015. Washington, DC: Pew Internet & American Life Project.

Arimbi. H.P., & Santosa, A.M., (1993). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan. WALHI dan YLBI, Jakarta

Arnstein, S.R., (1969). A Ladder of Citizen Participation. Journal of the American Planning

Association. 35: 4, 216 " 224

Bakhshi, S., D. Shamma, L. Kennedy, & E. Gilbert., (2014). Why We Filter Our Photos and How It Impacts Engagement. International AAAI Conference on Human Factors in Computing Systems, 12-22. Di unduh dari http://comp.social.gatech.edu/papers/icwsm15.why.bakhshi.pdf.

Conyers, D., (1991). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar. Ed 2. (Penerjemah: Susetiawan). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dutton, W.H., Kraemer, K.L. and Blumler, J.G., (1987). Wired cities: Shaping the future of communications. Macmillan Publishing Co., Inc.

della Porta, D., (1988). Recruitment processes in clandestine political organizations: Italian leftwing terrorism. In Bert Klandermans, Hanspeter Kriesi, and Sidney Tarrow (eds.), From Structure to Action: 155- 172. Greenwich, CT: JAI Press.

Gould, R. V., (1993). Collective action and network structure. American Sociological Review 58:182-196.

Gould, R. V., (1995) Insurgent Identities. Chicago: Chicago University Press.

Graham, S. and Marvin, S., (1999). Planning cybercities: Integrating telecommunications into urban planning. Town Planning Review, 70(1), p.89.

Hollands, R.G., (2008). Will the real smart city please stand up? Intelligent, progressive or entrepreneurial? City, 12(3), pp.303-320.

Ishida, T. and Isbister, K. eds., (2000). Digital cities: technologies, experiences, and future perspectives. Springer Science & Business Media.

Jaakonmaki, R., O. Muller., & J. vom Brocke., (2017). The Impact of Content, Context, and Creator on User Engagement in Social Media Marketing. Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Science. 1152-60. Di unduh dari http://scholarspace.manoa.hawaii.edu/bitstream/10125/41289/1/paper0140.pdf.

Klandermans, B., (1984). Mobilization and participation: Social-psychological expansions of resource mobilization theory. American Sociological Review 49:583-600.

Klandermans, B., (1997). The Social Psychology of Protest. Oxford: Blackwell.

Komninos, N., (2002). Intelligent cities: innovation, knowledge systems, and digital spaces. Taylor & Francis.

Lenhart A. (2015) Teens, social media, and technology overview 2015. Washington, DC: Pew Internet & American Life Project.

Lupton, D. (2015) Digital Sociology. London: Routledge

Macy, M., (1991). Chains of cooperation: Threshold effects of collective action. American Sociological Review 56:730-747.

Marwell, G., & Oliver, P., (1993). The Critical Mass in Collective Action. Cambridge: Cambridge University Press.

Manikonda, L., V. Meduri., & S. Kambhampati., (2016). Tweeting the Mind and Instagramming the Heart: Exploring Differentiated Content Sharing on Social Media. Proceedings of ICWSM. https://arxiv.org/pdf/1603.02718.pdf.

Mulyana, D., (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar .Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Munandar, H., & Suhendar. M., (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial. Prosiding Hubungan Masyarakat. Volume 2, No.1, Tahun 2016

Peristeras, V., Mentzas, G., Tarabanis, K. A., & Abecker, A. (2009). Transforming E-government and E-participation through IT. IEEE Intelligent Systems, 24(5), 14-19.

Pizzorno, A., (1986). Sur la rationalit 'e du choix d'emocratique." In Pierre Birnbaum and Jean Leca (eds.), Sur l'individualisme: 330-369. Paris: Presses de la Fondation Nationale des Sciences Politiques.

Ramdhani, D.,(2018, Desember 17) "14 Daftar Program yang Diluncurkan Ridwan Kamil dalam 100 Hari Kerja sebagai Gubernur Jabar", Diunduh dari https://regional.kompas.com/read/2018/12/17/11020831/14-daftar program-yang-diluncurkan-ridwan-kamil-dalam-100-hari-kerja-sebagai?page=all.

Robbins, (2001). Organizational Behavior. New Jersey: Prentice-Hall International Inc.

Shepard, M., (2011). Sentient city: Ubiquitous computing, archi-tecture, and the future of urban space. The MIT press.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Penerbit Alfabeta.

Sutrisno, B. & Akbar, I.,(2018). E-Partisipasi dalam Pembangunan Lokal (Studi Implementasi Smart City di Kota Bandung). Jurnal Sosioteknologi. Vol. 17, No 2, Agustus, 2018

Utami, M.A., Lestari, M.T., & Putri, B. P. S., (2016). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran SMB Telkom University Tahun 2015/2016 Melalui Media Sosial Instagram. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.1 April 2016

Weerakkody, V., El-Haddadeh, R., Al-Sobhi, F., Shareef, M. A., & Dwivedi, Y. K. (2013). Examining the influence of intermediaries in facilitating eGovernment adoption: An empirical investigation. International Journal of Information Management, 33(5), 716-725.

Published

2020-02-12

Issue

Section

Articles