PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KESETIAAN PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.3.3

Authors

  • Marheni Eka Saputri Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
  • Tutut Ratna Pranata Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom

Abstract

Persaingan industri elektronik khususnya smartphone saat ini mengalami perkembangan cukup pesat. Perusahaan menggunakan berbagai strategi untuk merebut dan mempertahankan konsumen. Salah satunya dengan membuat brand image yang kuat sehingga menjadi top of mind di hati pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pengguna smartphone iPhone di Universtas Telkom Fakultas Bisnis dan Adminitrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier berganda dan teknik convenience sampling. Pengambilan sampel dilakukan terhadap responden yang menggunakan smartphone iPhone. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, brand image smartphone iPhone berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai berdasarkan uji koefisien determinasi. Dapat disimpulkan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persentase pengaruh sebesar 45,6%. Sisanya sebesar 54,4% dipengaruhi faktor lain di luar brand image, yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti brand equity, brand trust, dan faktor lainnya. Kata kunci: smartphone, Iphone, brand image, loyalitas, pelanggan Today competition in electronics industries, especially in the smartphone industry, has developed so rapidly that it encourages marketers to keep developing their market share. Companies use a variety of strategies to win and retain customers, one of which by creating a strong brand image to be the top of mind in the hearts of the customers. The purpose of this study is to examine the effect of the brand image on the loyalty of the iPhone smartphone users at the Faculty of Business and Administration, Telkom University. This research is a descriptive study, using the technique of multiple linear regression statistical analysis and convenience sampling technique. The sampling was conducted to respondents who use the iPhone smartphone. Based on the results of partial hypothesis testing, it was found that the brand image of iPhone smartphone significantly influenced the customers' loyalty. This is proved by the value of the test based on the coefficient of determination. It can be concluded that the brand image has a significant influence on the customers' loyalty with a percentage of 45.6%. The remaining 54.4% is influenced by other factors beyond the brand image, those not examined in this study, such as brand equity, brand trust, and other factors. Keywords: smartphone, Iphone, brand image, loyalty, customer

References

Alma, Buchari. (2007). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. (2007). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Antonio Nalau, Syarifah Hudayah, Muhammad Wasil (2012). Brand image terhadap loyalitas pelanggan j.co donuts & coffee di plaza mulia samarinda

Fajrianthi dan Zatul Farrah. (2009). Strategi perluasan merek dan loyalitas konsumen. Yogyakarta: Andi.

Ferrinadewi, Erna. (2009). Merek & psikologi konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Germain D; Wakefield MA, Durkin SJ (2010). Adolescent's Perceptions of cigarette brand image: does plain packaging make a difference? australia.

Keller, L Kevin. (2003). Strategic brand management: building, measuring and managing brand equity, pearson education international. Prentice Hall: New Jersey.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2012). Principles of marketing (14 th edition). New Jersey: Pearson Education.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Principles of marketing, edisi ketiga belas jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks.

-----------------. (2010). Manajemen pemasaran, edisi ketiga belas jilid I. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, CH & Wright, K.L. (2007). Manajemen pemasaran jasa. PT. Indeks, Jakarta.

Purwanto dan Suharyadi. (2009). Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern (edisi 2, buku 1). Jagakarsa, Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan & Engkos Ahmad Kuncoro. (2007). Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2010. Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Riprabowo, Tri. (2007). Analisis brand image handphone merek nokia terhadap loyalitas konsumen di kecamatan gresik kebomas kabupaten gresik, Jurnal Logos Vol. 5, No. 1 Juli 2007.

Sanusi, Anwar. (2011). Metode penelitian bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Saputra, Dani Adi. (2011). Analisis perbandingan brand image yamaha mio dan honda vario kampus unpad.

Sarjono, Haryadi & Winda Julianita. (2010). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta : Salemba Empat.

Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie L. (2008). Perilaku konsumen, edisi ketujuh. Jakarta : PT.Indeks.

Schiffman, Leon G. & Leslie L. Kanuk. (2010). Cosumer behavior (10 th Edition). New Jersey: Pearson Education.

Sekaran, Uma & Bougie Roger. (2010). Research methods for business, a skill building approach. USA : John Wiley & Sons.

Sekaran, Uma. (2006). Metode penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D,Bandung : CV Alfabeta.

----------. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

----------. (2010). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Surachman. (2011). Dasar-dasar manajemen merek. Bayumedia: Malang.

Tjiptono, Fandy. (2011). Semi manajemen merek 01, manajeman & strategi merek. Yogyakarta: Andi.

Published

2014-12-01

Issue

Section

Articles