PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL PORTAL PT DIRGANTARA INDONESIA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.1.7

Authors

  • Ziko Pasaribu Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
  • Diah Agung E Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia terhadap citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi, public relation, penggunaan media, dan citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT Dirgantara Indonesia dengan responden sebanyak 160 orang karyawan. Dalam menentukan sampel, digunakan metode nonprobability sampling dengan purpossive sampling. Sementara itu, metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji hipotesis parsial, regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra perusahaan dengan persentase sebesar 70,6%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia, semakin tinggi dan positif pandangan karyawan terhadap citra perusahaan dalam persepsi mereka.
Kata Kunci: media internal, public relation, citra perusahaan

This research discusses the influence of the use of internal media Portal of PT Dirgantara Indonesia to the corporate's image. The purpose of this research is to find the influence of the use of internal media Portal PT Dirgantara Indonesia to the corporate's image. This research used descriptive quantitative research. The population of this research is the employees of PT Dirgantara Indonesia with 160 respondents. The nonprobability sampling method by purpossive sampling had been used to determine the samples' number of this research. The analysis method used was descriptive analysis, partial hypotheses test, coefficient correlations, simple regression and coefficient determination. The results of this research reveals that the use of internal media Portal PT Dirgantara Indonesia has a significant influence on the image of the corporate with a percentage of 70,6%, while the rest of 29,4 % is influenced by factors other than the variables use in this research .
Keywords: internal media, public relation, corporate image

References

Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Harrison, Shirley. (2000). Public Relation: An Introduction. London: South Western Cengage Lea

Herimanto, Bambang, Rumanti dan Herimanto. (2007). Public Relations dalam Organisasi. Yogyakarta: Santusta

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Laksamana, Agung. (2010). Internal Public Relations. Jakarta: Republika

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.

Bandung: PT Remaja Rosda Karya

N.a. (2013). Perjalanan Anak Bangsa Menguasai Teknologi Dirgantara. Bandung: PT Dirgantara Indonesia

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rietvield, Piet dan Lasmono Tri Sunaryanto. (1994). 87 Masalah Pokok dalam Regresi Berganda. Yogyakarta: Andi Offset

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Tung, Khoe Yao. (2001). Teknologi Jaringan Intranet. Yogyakarta: Andi

Published

2015-04-01

Issue

Section

Articles