PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL PORTAL PT DIRGANTARA INDONESIA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia terhadap citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi, public relation, penggunaan media, dan citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT Dirgantara Indonesia dengan responden sebanyak 160 orang karyawan. Dalam menentukan sampel, digunakan metode nonprobability sampling dengan purpossive sampling. Sementara itu, metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji hipotesis parsial, regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra perusahaan dengan persentase sebesar 70,6%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan media internal portal PT Dirgantara Indonesia, semakin tinggi dan positif pandangan karyawan terhadap citra perusahaan dalam persepsi mereka.Kata Kunci: media internal, public relation, citra perusahaan
This research discusses the influence of the use of internal media Portal of PT Dirgantara Indonesia to the corporate's image. The purpose of this research is to find the influence of the use of internal media Portal PT Dirgantara Indonesia to the corporate's image. This research used descriptive quantitative research. The population of this research is the employees of PT Dirgantara Indonesia with 160 respondents. The nonprobability sampling method by purpossive sampling had been used to determine the samples' number of this research. The analysis method used was descriptive analysis, partial hypotheses test, coefficient correlations, simple regression and coefficient determination. The results of this research reveals that the use of internal media Portal PT Dirgantara Indonesia has a significant influence on the image of the corporate with a percentage of 70,6%, while the rest of 29,4 % is influenced by factors other than the variables use in this research .
Keywords: internal media, public relation, corporate image
References
Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Harrison, Shirley. (2000). Public Relation: An Introduction. London: South Western Cengage Lea
Herimanto, Bambang, Rumanti dan Herimanto. (2007). Public Relations dalam Organisasi. Yogyakarta: Santusta
Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga
Laksamana, Agung. (2010). Internal Public Relations. Jakarta: Republika
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya
N.a. (2013). Perjalanan Anak Bangsa Menguasai Teknologi Dirgantara. Bandung: PT Dirgantara Indonesia
Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Rietvield, Piet dan Lasmono Tri Sunaryanto. (1994). 87 Masalah Pokok dalam Regresi Berganda. Yogyakarta: Andi Offset
Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta
Tung, Khoe Yao. (2001). Teknologi Jaringan Intranet. Yogyakarta: Andi