KEPUASAN MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY DALAM PEMANFAATAN SITUS SMB.TELKOMUNIVERSITY.AC.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.1.9

Authors

  • Raditya Pratama Putra Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Yuliani Rachma Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

Abstract

Proses komunikasi saat ini semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang memadukan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi sehingga muncul istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Teknologi tersebut melahirkan sebuah sarana yaitu internet. Masyarakat menggunakan media, didasari oleh motif sebagai harapan khalayak ketika menggunakan media, dan kesenjangan kepuasan khalayak setelah menggunakan media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan, serta mengetahui tingkat kepuasan pada mahasiswa Universitas Telkom dalam menggunakan situs smb.telkomuniversity.ac.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadinya kesenjangan kepuasan dari skor rata-rata Gratification Sought dan Gratification Obtained. Untuk motif informasi diperoleh skor 3,22>3,14 dan untuk motif identitas pribadi diperoleh skor 3,23>3,16, sehingga terjadi kesenjangan bahwa media tidak memuaskan (GS>GO). Integrasi dan interaksi sosial diperoleh skor 2,69<2,73, dan hiburan diperoleh skor 2,72<2,80, sehingga terjadi kesenjangan yang memuaskan (GS<GO).
Kata kunci: informasi, teknologi informasi dan komunikasi, motif, kesenjangan kepuasan

Today communication process is developing by utilize technology which combined information technology and communication technology, thus appears new term named Information and Communication Technology (ICT), which led a means named internet. People uses the media, caused by the motif as audience expectation when they used the media and discrepancy gratification of audience after use the media. The purpose of this study was to determine the motive information, motif personal identity, motif integration and social interaction, and motif entertainment, as well as determine the level of satisfaction Telkom University's student in the use of smb.telkomuniversity.ac.id website.The method used in this research is a descriptive survey with quantitative approach. The results of this research is there is a discrepancy gratification from average score of Gratification Sought (GS) and Gratification Obtained (GO). For information the score is 3,22>3,14 and for personal identity, the score is 3,23>3,16 thus appears that the media is unsatisfaction because the score of GS>GO. For the social integration and interaction, the score is 2,69>2,73 and entertainment the score is 2,72<2,80, thus appears that the discrepancy gratification is satisfaction (GS<GO).
Keywords: information, information and communication technology, motif, discrepancy gratification

References

Aan, Munawar Syamsudin. (2013). Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Darmawan, Deni. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teori dan Aplikasi). Bandung: Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Ekasari, Putri dan Arya Hadi Dharmawan. (2012). Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB ISSN : 1978-4333, Vol. 06, No. 01

Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori&Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM Manajemen

Kristanto, Andri. (2003). Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Mc Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa Mc Quail, edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komuniukasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan.(2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Rusman, Deni Kurniawan. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sanusi, Anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sekaran, Uma. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Sastradipoera, Komaruddin. (2005). Mencari Makna Dibalik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Kappa-Sigma

Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Manjar Maju

Severin, Werner J & James W. Tankard, Jr. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Williams, Brian K. (2007). Using Information Technology. Yogyakarta: Andi Offset

Yusuf, M Pawit dan Priyo Subekti. (2010). Teori&Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yusuf, M Pawit. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Angkari, Sherlycin. (2012). Motif Masyarakat Surabaya dalam Menonton Program Good Morning Hard Rockers on SBO. Universitas Kristen Petra Vol. I No. 3, 2013

Ishii, Kenichi. (2008). Uses and Gratifications of Online Communities in Japan. University of Tsukuba, Japan

Kania , Dessy & Nadia Agatha. (2012). Online Consumers and The Application of Uses and Gratification Theory Case Study: The Kaskus Website. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie, and Semut Api Colony Vol. 1 No. 2 Agustus 2011 - Januari 2012

Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. PPKI Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi & Informatika, JakartaIndonesia Vol. 17 No. 1 (Januari - Juni 2013)

Ludovic, Jacques Richard Froget, Abbas Ghanbari Baghestan, and Yasha Sazmand Asfaranjan. (2013). A Uses and Gratification Perspective on Social Media Usage and Online Marketing. Limkokwing University of Creative Technology, Malaysia, Management and Science University, Malaysia

Lwin, May O, Anthony D. Miyazaki, Andrea J.S. Stanaland & Evonne Lee. (2012). Online usage motive and information disclosure for preteen children. Jurnal of Young Consumers VOL. 13 NO. 4 2012, pp. 345-356

Savolainen, Reijo. (2011). Expectancy-value beliefs and information needs as motivators for task-based information seeking. Journal of Documentation, Vol.68 Iss 4 pp. 492 - 511

Utomo, Dea Anggraeni. (2013). Motif Pengguna Jejaring Sosial Google+ di Indonesia. Universitas Kristen Petra Surabaya Vol I. No.3 Tahun 2013

Wahyuningsih, Siti. (2013). Penggunaan Internet Mobile di Kalangan Mahasiswa. Puslitbang Penyeleng-garaan Pos dan Informatika Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia IPTEK" KOM, Vol. 15 No. 2, Desember 2013: 171" 184

Whiting, Anita & David Williams. (2013). Why People Use Social Media: A Uses and Gratifications Approach. Qualitative Market Research: An International Journal Vol. 16 No. 4, 2013 pp. 362-369

Published

2015-04-01

Issue

Section

Articles