KEPUASAN MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY DALAM PEMANFAATAN SITUS SMB.TELKOMUNIVERSITY.AC.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI
Abstract
Proses komunikasi saat ini semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang memadukan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi sehingga muncul istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Teknologi tersebut melahirkan sebuah sarana yaitu internet. Masyarakat menggunakan media, didasari oleh motif sebagai harapan khalayak ketika menggunakan media, dan kesenjangan kepuasan khalayak setelah menggunakan media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan, serta mengetahui tingkat kepuasan pada mahasiswa Universitas Telkom dalam menggunakan situs smb.telkomuniversity.ac.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadinya kesenjangan kepuasan dari skor rata-rata Gratification Sought dan Gratification Obtained. Untuk motif informasi diperoleh skor 3,22>3,14 dan untuk motif identitas pribadi diperoleh skor 3,23>3,16, sehingga terjadi kesenjangan bahwa media tidak memuaskan (GS>GO). Integrasi dan interaksi sosial diperoleh skor 2,69<2,73, dan hiburan diperoleh skor 2,72<2,80, sehingga terjadi kesenjangan yang memuaskan (GS<GO).Kata kunci: informasi, teknologi informasi dan komunikasi, motif, kesenjangan kepuasan
Today communication process is developing by utilize technology which combined information technology and communication technology, thus appears new term named Information and Communication Technology (ICT), which led a means named internet. People uses the media, caused by the motif as audience expectation when they used the media and discrepancy gratification of audience after use the media. The purpose of this study was to determine the motive information, motif personal identity, motif integration and social interaction, and motif entertainment, as well as determine the level of satisfaction Telkom University's student in the use of smb.telkomuniversity.ac.id website.The method used in this research is a descriptive survey with quantitative approach. The results of this research is there is a discrepancy gratification from average score of Gratification Sought (GS) and Gratification Obtained (GO). For information the score is 3,22>3,14 and for personal identity, the score is 3,23>3,16 thus appears that the media is unsatisfaction because the score of GS>GO. For the social integration and interaction, the score is 2,69>2,73 and entertainment the score is 2,72<2,80, thus appears that the discrepancy gratification is satisfaction (GS<GO).
Keywords: information, information and communication technology, motif, discrepancy gratification
References
Aan, Munawar Syamsudin. (2013). Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta
Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Darmawan, Deni. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teori dan Aplikasi). Bandung: Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Ekasari, Putri dan Arya Hadi Dharmawan. (2012). Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB ISSN : 1978-4333, Vol. 06, No. 01
Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori&Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM Manajemen
Kristanto, Andri. (2003). Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Mc Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa Mc Quail, edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika
Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komuniukasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya
Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan.(2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Rusman, Deni Kurniawan. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanusi, Anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Sekaran, Uma. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Sastradipoera, Komaruddin. (2005). Mencari Makna Dibalik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Kappa-Sigma
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Manjar Maju
Severin, Werner J & James W. Tankard, Jr. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Williams, Brian K. (2007). Using Information Technology. Yogyakarta: Andi Offset
Yusuf, M Pawit dan Priyo Subekti. (2010). Teori&Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yusuf, M Pawit. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara
Angkari, Sherlycin. (2012). Motif Masyarakat Surabaya dalam Menonton Program Good Morning Hard Rockers on SBO. Universitas Kristen Petra Vol. I No. 3, 2013
Ishii, Kenichi. (2008). Uses and Gratifications of Online Communities in Japan. University of Tsukuba, Japan
Kania , Dessy & Nadia Agatha. (2012). Online Consumers and The Application of Uses and Gratification Theory Case Study: The Kaskus Website. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie, and Semut Api Colony Vol. 1 No. 2 Agustus 2011 - Januari 2012
Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. PPKI Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi & Informatika, JakartaIndonesia Vol. 17 No. 1 (Januari - Juni 2013)
Ludovic, Jacques Richard Froget, Abbas Ghanbari Baghestan, and Yasha Sazmand Asfaranjan. (2013). A Uses and Gratification Perspective on Social Media Usage and Online Marketing. Limkokwing University of Creative Technology, Malaysia, Management and Science University, Malaysia
Lwin, May O, Anthony D. Miyazaki, Andrea J.S. Stanaland & Evonne Lee. (2012). Online usage motive and information disclosure for preteen children. Jurnal of Young Consumers VOL. 13 NO. 4 2012, pp. 345-356
Savolainen, Reijo. (2011). Expectancy-value beliefs and information needs as motivators for task-based information seeking. Journal of Documentation, Vol.68 Iss 4 pp. 492 - 511
Utomo, Dea Anggraeni. (2013). Motif Pengguna Jejaring Sosial Google+ di Indonesia. Universitas Kristen Petra Surabaya Vol I. No.3 Tahun 2013
Wahyuningsih, Siti. (2013). Penggunaan Internet Mobile di Kalangan Mahasiswa. Puslitbang Penyeleng-garaan Pos dan Informatika Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia IPTEK" KOM, Vol. 15 No. 2, Desember 2013: 171" 184
Whiting, Anita & David Williams. (2013). Why People Use Social Media: A Uses and Gratifications Approach. Qualitative Market Research: An International Journal Vol. 16 No. 4, 2013 pp. 362-369





