ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT BIO FARMA
Abstract
CSR merupakan komitmen perusahaan untuk bertindak etis terhadap pemangku kepentingan secara langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan para pihak yang terkait dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan dari aktivitas perusahaan. CSR dipahami sebagai kewajiban pemenuhan aturan yang harus dilakukan perusahaan tanpa memahami esensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program CSR di PT Bio Farma berdasarkan observasi di lapangan, merekomendasikan strategi yang tepat sasaran dan tujuan dalam implementasi CSR bagi perusahaan di Desa Sukamulya, Kabupaten Sukabumi. Secara umum metode kerja dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap evaluasi menggunakan kerangka konseptual dengan analisis deskriptif serta rekomendasi teknis dan tahap penyusunan rekomendasi strategi, menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan sintesis kerangka konseptual, dari 17 kriteria, sebanyak 12 telah dipenuhi oleh implementasi CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya dengan hasil yang memuaskan. Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategis CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya adalah Agressive (poin 3,25; 2,20). Berdasarkan hasil tersebut, maka usulan strategi pengembangan yang dapat diterapkan, yaitu mengembangkan pertanian terpadu yang terintegerasi dengan budidaya ikan koi, meningkatkan produktivitas budidaya ikan koi, agar dapat dipasarkan lebih luas di dalam dan luar negeri dan membuka lapangan kerja yang baru berdasarkan potensi desa di bidang pertanian dan perikanan
Kata kunci : CSR, Implementasi, BUMN
References
Anonim. https://www.globalreporting.org/resourcelibrary/BahasaIndonesiaG3 Reporting Guidelines.pdf. Tersedia online 20 Mei 2013.
Anonim. http://www.iucnredlist.org/apps/redlist/static/categories_criteria_3_1. Tersedia online 18 Desember 2014.
Bio Farma. (2012) : Corporate Annual Report, Bandung.
Bio Farma. (2013) : Corporate Annual Report, Bandung.
BKKBN. (2000) : http://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/BatasanMDK.aspx. Tersedia online 22 Januari 2015.
Budimanta, A., Prasetijo, A., Rudito, B. (2004) : Corporate Social Responsibility Jawaban Bagi Model Pembangunan Indonesia Masa Kini, Indonesia Center for Sustainable Development, Jakarta.
David, F. (2009) : Manajemen Strategis Konsep, Salemba Empat, Jakarta.
Hadi, N. (2011) : Corporate Social Responsibility, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Harahap, S. (2001) : Menuju Perumusan Akuntansi Islam, Pustaka Quantum, Jakarta.
ISO. (2007) : Guidance on Social Responsibility (ISO 26000:2010). International Organisation for Standardization.
Nursaid, F. (2008) : CSR Bidang Kesehatan dan Pendidikan Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Indonesia Business Link, Jakarta.
Kadin (2009) : http://kadin-indonesia.or,id/enm/images/dokumen/KADIN-167-3770-15042009.pdf. Tersedia online : 10 Februari 2015
Keputusan Menteri BUMN. (2013) : No. Kep-236/MBU/2003 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.
Kotler, P. dan Lee, N. (2005) : Corporate Social Responsibility : Doing The Most Good For Your Company And Your Cause, Jhon Wiley & Son, New Jersey.
Porter, M. dan Kramer, M (2007) : "Strategy and Society: The Link Between Competitive Advantage and Corporate Social Responsibility" . Harvard Business Review Collection.
Rahmatullah dan Trianita, K. (2011) : Panduan Praktis Pengelolaan CSR, Samudra Biru, Yogyakarta.
Rangkuti, F. (2009) : Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit Gramedia, Jakarta.
Reksodiputro, M. (2004) : Makalah Lokakarya Nasional Departemen Luar Negeri RI, dengan tema "Peran sektor usaha dalam pemenuhan, pemajuan, dan perlindungan HAM di Indonesia" . Jakarta: Hotel Borobudur.
Sugiyono. (2008) : Metode Penelitian Bisnis. Cetakan keduabelas 2008. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sumardiyono, E. (2007) : Evaluasi Pelaksanaan Community Development dalam Perolehan Proper Hijau (Studi Kasus di PT. Pupuk Kaltim Bontang), Tesis Program Magister, Universitas Diponegoro.
The World Bank Institute. 2004. Corporate Social Responsibility and Sustainable
Competitiveness. Module-1. CSR Main Concepts.
Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.





