Rancangan bilik dongeng sebagai sarana interaksi sosial antara generasi lansia dan anak-anak
Keywords:
lansia, anak-anak, mendongeng, bilik dongeng, Kota BandungAbstract
Kesadaran akan lansia semakin hari semakin terasa di Indonesia. Saat ini terdapat banyak fasilitas ramah lansia dan pengadaan kegiatan rutin bagi lansia di beberapa daerah yang memungkinkan lansia untuk beraktivitas dengan normal. Namun, perhatian terhadap permasalahan utama lansia yaitu kesepian dan jarak antar generasi masih kurang diperhatikan saat ini. Kedua permasalahan tersebut saling berkaitan dan memberikan efek buruk pada lansia dan masyarakat Indonesia secara luas. Oleh sebab itu, penelitian ini diadakan untuk menganalisis permasalahan tersebut dan merancang solusi yang tepat. Salah satu solusi adalah pembentukan kegiatan yang menggabungkan kelompok usia muda dan kelompok usia lanjut dalam suatu kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh kedua kelompok usia secara bersamaan dan menciptakan interaksi yang hangat adalah kegiatan mendongeng. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan desain etnografi. Dengan melakukan observasi lapangan secara langsung, peneliti dapat merancang suatu sarana mendongeng yang dapat mewadahi kelompok usia lansia dan anak untuk mendongeng sambil belajar dengan menyenangkan.
References
Alborzi, H., et. al.(2000): Designing Story Rooms: Interactive Storytelling Spaces for Children. University of Maryland.
Anggarwal, M., et. al (2017): Generation Gap: An Emerging Issue of Society. International Journal of Engineering Technology Science and Research. IETSR. ISSN: 2394-3386.
Christian, J. et. al. (2014): Does Intergenerational Contact Reduce Ageism: When and How Contact Interventions Actually Work? Belfast: Queen's University Belfast.
Gale, C. R.; Westbury, L.; Cooper, C. (2017): Social Isolation and Loneliness as Risk Factors for The Progression of Fratality: The English Longitudinal Study of Ageing. Oxford: Oxford University Press.
Holmes, C. L. (2009): An Intergenerational Program with Benefits. Massachusetts: Anna Maria College.
Sacan, S. et. al. (2019): Old Age form Children's Perspective. Turkey: Adnan Menderes University.
Sucylaite, J. (2014): Elderly People Communication in Literature Learning Environment. Procedia:Social and Behavioral Sciences 191 (2015) 953-957.
Yusuf, M. (2007). Dimensi Gender dalam Kehidupan Penduduk Lansia di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University. https://doi.org/10.22146/ jp.12063.