PERGERAKAN PEMAIN DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BEBENTENGAN SEBAGAI BASIS PERANCANGAN GAME PEMICU PENINGKATAN AKTIVITAS GERAK ANAK.

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.2.3

Authors

  • Ukasyah Qodratillah Ananda Putra Institut Teknologi Bandung

Abstract

Seseorang yang bermain game hanya akan mengeluaran energi di bawah 1,5 METs dan termasuk dalam sedentary behaviour yang memiliki banyak pengaruh buruk bagi tubuh seperti obesitas. Perancang game saat ini dapat melihat permainan tradisional seperti bebentengan yang memiliki kegiatan fisik dominan dalam sistem permainannya sebagai basis game yang dapat meningkatkan aktivitas gerak pemain. Survey dari permainan bebentengan menunjukkan bahwa sebagian besar pergerakan pemain teralokasi pada pergerakan yang memiliki tingkat pengeluaran energi rendah, antara 0-2 METs. Pergerakan dengan pengeluaran energi tinggi pada permainan bebentengan meliputi berjalan dan berlari terhubung dengan kegiatan kejar mengejar antar pemain. Oleh karena itu, kejar-mengejar antar pemain dapat diaplikasikan menjadi gameplay utama dalam game untuk meningkatkan aktivitas gerak pemain.

 

kata kunci: game, permainan tradisional, bebentengan, sedentary behaviour, gerak

 

A person who play a standard video game will have energy expenditure below 1,5 METs, and they fall into sedentary behaviour which could lead to unwanted result such as obesity. Game designer nowadays could take bebentengan tradisional game, which is heavy on physical activity, as the basis of the game design for increasing movement activity of the player. The surveys of the bebentengan shows that most of the players movement are allocated in low energy expenditure level, between 0-2 METs. Running and walking, which are above the threshold of sedentary behaviour, are connected with players who are chasing each other. That is why in the gameplay development, those two movements should become the central activity of the game.

 

keywords: game, tradisional game, bebentengan, sedentary behaviour, movement,

References

Ainsworth, B.E., Haskell, W.L., Herrmann, S.D., Meckes, N., Bassett Jr, D.R., Tudor-Locke, C., Greer, J.L., Vezina, J., Whitt-Glover M.C., Leon, A.S. (2011) Compendium of Physical Activities: a second update of codes and MET values. Medicine and Science in Sports and Exercise.(in press)

Akbar, R. M. (2013) Pengaruh Olahraga Tradisional Bebentengan Terhadab Kemampuan Motorik (Motor Ability) Anak Usia 6-8 Tahun. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dharmamulya, S. (2008) Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Keppel Press

Fullerton, T. (2008) Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovating Games. Burlington: Morgan Kaufman Publisher

Gestile, D. (2011). The Multiple Dimension of Video Game Effect. Child Development Perspective, Volume 5, Number 2, 2011, 75-81 Diakses dari http://www.charleston.k12.il.us/cms/Teachers/TeamRed/LangArts/Mod3VGV.PDF Pada tanggal 8 September 2014

Granik, I., Lobel, A., Engels, R. C. M. E. (2014) The Benefit of Playing Video Games. American Psychologist Vol. 69, No. 1, 66-78 DOI: 10.1037/a0034857. Diakses Dari http://www.apa.org/pubs/journals/releases/amp-a0034857.pdf Pada tanggal 9 Agustus 2014

Husna , M, A. (2009) 100+ Permainan Tradisional. Yogyakarta : Penerbit Andi

Huizinga, J. (1949) Homo Ludens: A Study of Play-Element in Culture. London: Routledge & Kegan Paul Ltd

Karina, U. P. (2013) Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Bebentengan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Maddison, R., Mhurchu, C. N., Juli, A., Jiang Y., Prapavessis, H., Rodgers, A. (2007) Energy Expended Playing Video Console Games: An Opportunity to Increase Children's Physical Activit?. Pediatric Exercise Science, 2007, 19, 334-343. Diakses dari http://www.ehpl.uwo.ca/Publication%20PDFs/eGame%20Pediatric%20Exercise%20Science2007.pdf Pada tanggal 1 Oktober 2014

Nur, H. (2013): Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1290/1074 Pada tanggal 9 Februari 2014

Sedentary Behaviour Research Network. (2012) Standardized use of the terms "sedentary" and "sedentary behaviours" . Appl Physiol Nutr Metab. 37: 540-542

Subrahmayan, dkk. (2000). The Impact of Computer Use on Children's and Adolescents' Development. Applied Developmental Psuchology 22 (2001): 7-30 Diakses dari http://www.cdmc.ucla.edu/Published_Research_files/spkg-2001.pdf Pada tanggal 12 September 2014

Sudinar, Sopa. (2013) Perancangan Media Permainan Tradisional Bebentengan Melalui Media Boardgame. Bandung: Unikom

Tremblay, M. S., Colley, R. C., Saunders, T. J., Healy, G. N., Owen, N. (2010) Physiological and Heath Implication of a Sedentary Lifestyle. Appl. Physiol. Nutr. Metab. Vol. 35, 2010 Diakses dari http://www.sfu.ca/~leyland/Kin343%20Files/sedentary%20review%20paper.pdf Pada tanggal 1 Oktober 2014

Published

2015-10-02

Issue

Section

Articles