LESS CASH SOCIETY: MENAKAR MODE KONSUMERISME BARU KELAS MENENGAH INDONESIA

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.2.1

Authors

  • wasisto raharjo jati Pusat Penelitian Politik – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI)

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan menganalisis mengenai less cash society sebagai model baru dalam menganalisis konsumsi kelas menengah Indonesia.  model tersebut menggunakan teknologi kartu uang elektronik (e-money) dalam merubah pola konsumsi kelas menengah Indonesia. Semula berwujud tunai kini menjadi non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran di pusat perbelanjaan. Tujuannya adalah mengefisiensikan transaksi konsumsi maupun belanja bagi kelas menengah Indonesia. Pola konsumsi kelas menengah Indonesia sendiri mengalami transisi dari pemenuhan kebutuhan hidup mejadi kebutuhan simbolis. Adanya pengejaran terhadap identitas dan gaya hidup itulah yang menjadikan konsumsi kelas menengah Indonesia kini lebih bersifat sekunder. Penggunaan uang elektronik sendiri secara tidak langsung mempengaruhi pola transisi konsumsi itu.

Kata kunci: konsumsi kelas menengah, uang elektronik, konsumsi simbolis, gaya hidup

Abstract

This article aims to analyze the less cash society as a new model in analyzing the consumption of the middle class in Indonesia. The model has been usef electronic money card technology (e-money) in altering consumption patterns Indonesian middle class to be more digitally.. Indonesian middle class consumption patterns themselves underwent a transition from subsistence becoming symbolic needs indeed. In pursuing of identity and lifestyle have impacted into the consumption of Indonesia's middle class is now more secondary. Therefore, using of electronic money itself indirectly affect the consumption patterns of transition

Keywords: middle class consumption, electronic money, symbolic consumption, life style.

References

Baudrillard, Jean. (2013). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Penerbit Kreasi Wacana.

Bhaskoro, Avi. (2014). Orang Indonesia Saat ini Familiar dengan E-Money. Retrieved July 5, 2015, from https://dailysocial.net/post/survey-emoney-indotelko.

Fadhilah. (2011). Relevansi Logika Konsumsi dengan Budaya Konsumerisme dalam Perspektif Epistemologi Jean Baudrillard. Jurnal Kyberman, 2(1).

Gerke, Solvay. (2000). Global Lifestyles under Local Conditions: the New Indonesian Middle Class. In Huat. Chua Ben (Eds.), Consumption in Asia (pp. 135-159). London: Routledge.

Heryanto. Ariel. (2013). Upgraded Piety & Pleasure: The New Middle Class and Islam in Indonesian Popular Culture. In Weintraub, Andrew. (Eds.), Islam and Popular Culture in Indonesia and Malaysia. London: Routledge.

Jati, Wasisto Raharjo. (2013). Pengantar Kajian Globalisasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Leeuwen, Lizzy. (2011). Lost in Mall: An Ethnography of Middle-Class Jakarta in the 1990s. Leiden: KITLV Press.

Kemenko Perekonomian. (2014). Pointers Menko dalam Mendukung Less Cash Society. Retrieved July 5, 2015, from www.ekon.go.id/.../pointers-sambutan-menko-perekonomian.

Mangunwijaya, Y.B. (1983). Teknologi dan Dampak Kebudayaannya. Jakarta: YOI Press.

Segara, Tirta. (2014). Bank Indonesia Mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai. Retrieved July 5, 2015, from http://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_165814.aspx

Soedjatmiko, Haryanto. (2011). Saya Berbelanja Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi dan Desain Menjadi Gaya Hidup. Yogyakarta: Jalasutra.

SWA Online. (2013). Transaksi E-Money Capai Rp 3,9 Miliar/Hari, BI Genjot Terus Cashless Banking. Retrieved July 5, 2015, from http://swa.co.id/technology/transaksi-e-money-capai-rp-39-miliarhari-bi-genjot-terus-cashless-banking.

Yuswohady. (2013). Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: YOI Press.

Published

2015-10-02

Issue

Section

Articles