Membongkar Makna Lilin Dalam Iklan "Greeting AirAsia Belasungkawa" Oleh Kompas Gramedia
Abstract
Kecelakaan yang menimpa maskapai AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Changi Singapura pada tanggal 28 Desember 2015 menimbulkan banyak reaksi simpati dari berbagai kalangan. Salah satu bentuk simpati muncul dari perusahaan media yaitu Kompas Gramedia dengan membuat iklan berjudul "Greeting AirAsia Belasungkawa". Iklan ini dibuat oleh Kompas Gramedia sebagai bentuk rasa belasungkawa terhadap kecelakaan AirAsia QZ 8501. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk membongkar makna yang terkandung pada lilin dalam iklan "Greeting AirAsia Belasungkawa" yang diperkuat oleh teks, background serta backsound di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis yang menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Menurut Roland Barthes, terdapat tiga tahap dalam menganalisis sebuah tanda, yaitu denotasi, konotasi serta mitos atau ideologi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa teks, background, dan backsound di dalam iklan "Greeting AirAsia Belasungkawa" menciptakan dan memperkuat makna yang terkandung pada lilin. Penelitian ini juga menunjukkan berbagai mitos tentang lilin, teks, background, dan backsound yang berkaitan dengan ideologi pada iklan "Greeting AirAsia Belasungkawa" dalam hubungannya dengan perusahaan media Kompas Gramedia sebagai pembuat iklan.
References
Tempo edisi Horor AirAsia 11 Januari 2015
Berger, Arthur Asa. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer (Cetakan ke-1). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sobur, Alex. (2009). Semiotika Komunikasi (Cetakan ke-4). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan. (2008). KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA MASSA: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana
Sobur, Alex. (2009). ANALISIS TEKS MEDIA Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing (Cetakan ke-5). Bandung: Rosda
Strinati, Dominic. (2005) An Introduction to Theories of Popular Culture (Cetakan ke-2). London & New York: Taylor & Francis e-Library.
http://www.swide.com/art-culture/the-meaning-of-candles-at-christmas-and-throughout-history/2014/11/10 9 April 2015 pukul 18.35 WIB
http://candles.lovetoknow.com/How_to_Organize_a_Candlelight_Vigil diakses pada 15 Mei 2015 pukul 16.43 WIB
http://regional.kompas.com/read/2015/03/03/16013051/Basarnas.Resmi.Hentikan.Pencarian.Korban.AirAsia.QZ 8501 diakses pada 11 Mei 2015 pukul 15.32 WIB
Sugiyono. (2014). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF (Cetakan ke-9). Bandung: Alfabeta
Ardianto, Elvinaro., Q-Anees, Bambang. (2007). FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI (Cetakan ke-1). Bandung: Simbiosa Rekatama Media