KARAKTERISTIK BENTUK DAN FUNGSI RAGAM HIAS PADA ARSITEKTUR MASJID AGUNG KOTA BANDUNG

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.3.1

Authors

  • Dr. Ahmad Haldani, M.Sn. Institut Teknologi Bandung
  • Imam Santosa

Abstract

Di era sekarang isu perubahan seringkali berbenturan dengan masalah krisis identitas dan otentisitas. Identitas seseorang atau suatu artifak semakin sering juga dipertanyakan derajat keotentikkannya. Banyak masalah muncul di saat modernisasi kini telah menjadi begitu umum sehingga pilihan antara tradisional-modern, lokal-global menjadi semakin baur.  

 

Penelitian ini akan memetakan korelasi antara perkembangan Islam di Jawa Barat khususnya Kota Bandung, dengan pergeseran bentuk dan gaya ragam hias masjidnya. Korelasi ini  penting diteliti untuk memahami gejala pergeseran bentuk dan fungsi ragam hias (teks) yang dikaitkan dengan idea dan perilaku masyarakat yang menghasilkan dan menggunakannya (konteks)..

 

Melalui metodologi deskriptif, sinkronik, dan komparatif dengan pendekatan morfologi estetik, penelitian ini bertujuan untuk: 1. Memetakan pergeseran peran, bentuk dan fungsi  ragam hias tradisional di dalam arsitektur Masjid Agung Kota Bandung di era sekarang, 2.  Menemukan peran, bentuk dan fungsi  ragam  hias yang mempengaruhi atau menggantikannya, dan 3. Faktor atau nilai yang melatarbelakanginya.

 

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa:

  1. Kandungan gaya ragam hias Islam arabesque bersifat mayoritas dibandingkan dengan gaya ragam hias lokal, sehingga peran, bentuk dan fungsi ragam hias lokal yang selama ini menjadi ciri kebudayaan setempat menjadi kecil/ minoritas.
    1. Di setiap gejala pengadopsian bentuk dan gaya, hampir seluruhnya mengambil cara meniru, menyalin, atau mengimitasi atau copy, karena hanya mengulang-ngulang bentuk dan gaya otentik (klasik) demi menjaga keutuhan makna-makna asosiasinya baik secara citera, identitas, maupun makna simboliknya. Sehingga ragam hias yang mempunyai bentuk, identitas dan asosiasi baru sulit ditemukan.
    2. Ideal-ideal pemikiran itu ternyata dapat tercermin selain dalam wujud perilaku juga dalam wujud bentuk dan gaya ragam hias masjidnya.

References

Fanani, Ahmad, 2009, Arsitektur Masjid, Yogyakarta: Bentang

Haldani, D., Achmad 2013, Otentisitas Gaya Ragam Hias Masjid Agung Kota-Kabupaten, Sebuah Telaah Pergeseran Nilai Estetik, Studi Kasus di Jawa Barat, Disertasi, FSRD ITB.

Airlangga Pribadi dan M Yudhie R Haryono, 2002, Post Islam Liberal. Bekasi: Gugus Press

Al-Faruqi, Lois Ibsen, !998, Atlas Budaya Islam. Bandung: Mizan

Appiah, Anthony K, 1994, Multiculturalism, Examining The Politics of Recognition By Charles Taylor. New Jersey: Princeton University Press

Barliana, M. Syaom, 2010, Tradisonalitas dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid, Metatekstur.

Cornu, Jean-Michel, 1991, Symbolic Prism, Indonesian Design Source Book, Equip.

Dienaputra, Reiza. (2011): Sunda: Sejarah, Budaya, Politik, Sastera Unpad Press.

Beg, M. Abdul Jabbar, 1988 Seni dalam Peradaban Islam. Bandung: Pustaka

Esposito, John L, Sahat Simamora (penj.), 1992, Islam dan Pembangunan. Jakarta: Rineka Cipta

Frishman, Martin, Hasan Uddin Khan, 2007 The Mosque. London: Thames and Hudson

Ekadjati, Edi S. (2005): Kebudayaan Sunda, Jilid 1, Pustaka Jaya.

------------------. (2005): Kebudayaan Sunda, Jilid 2, Pustaka Jaya.

Fox, James J, 2002, Agama dan Upacara, Indonesian Heritage 9. Jakarta: Buku Antar Bangsa

Gazali, M. 1998, Ornamen Nusantara, Studi Tentang Ornamen Mushaf Istiqlal

Judistira K Garna,1992, Teori-teori Perubahan Sosial. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Koentjaraningrat, 1977, Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia

Kroeber, AL, dalam Judistira K Garna, 1992, Teori-teori Perubahan Sosial. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Kuntowijoyo, 2006, Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana

Kuntowijoyo, 1998, Paradigma Islam. Bandung: Mizan

Lee, Robert, D., 1997, Mencari Islam Autentik. Bandung: Mizan

Ma'ruf Misbah, dkk.1996, Sejarah Kebudayaan Islam. Semarang: Wicaksana

Millie, Julian, Dede Syarif, 2015, Islam dan Regionalisme, Bandung, Pustaka Jaya

Munro, Thomas,1970 Form and Style in The Arts. Cleveland, Ohio: The Press of Case Western Reserve University

Muanas, Drs. Dasum dkk. 1982, Arsitektur Tradisional Daerah Jawa Barat, IDKD, Depdikbud

Muljana, Slamet, 2008, Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara, LKIS, Yogyakarta.

Nasr, Seyyed Hossein, 1987, Islam Tradisi Ditengah Kancah Dunia Modern, Pustaka.

-------------------------, 1993, Spiritualitas dan Seni Islam, Mizan, 18

Nazir, Moh., 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, 63-69

Postrel, Virginia, 2004, The Substance of Style, Harper Collins, Perennial, 110, 116-120.

Sachari, Agus, 2003, Peran dan Makna Nilai Estetis Modern dalam Perrkembangan Desain abad-20 di Indonesia, Disertasi, ITB, 6-8

-----------------------, 2001, Desain dan Dunia Kesenenirupaan Indonesia dalam Wacana Transformasi Budaya, ITB, 182.

Sudjana, Nana, 1997, Tuntunan Penyususnan Karya Ilmiah, Sinar Baru Algensindo.

Sutiyono, 2010, Puritan dan Sinkretis, Jakarta, Kompas

Surjadi, A., 1974, Masyarakat Sunda Budaya dan Problema, Alumni.

Tjandrasasmita, Uka. 1990, Nafas Islam dalam Kebudayaan Indonesia, 1990, 50

------------------------, 2009, Arkeologi Islam Nusantara, KPG Gramedia, 2009

Vincentius F, Royke, 2012, Identifikasi Motif Tradisional Kutai Kartanegara, Thesis,

Van Peursen, C.A., 2009, Strategi Kebudayaan, Kanisius.

Van der Hoop, A.N.J. a Th., 1949, Ragam-ragam Perhiasan Indonesia, Bandoeng, Gedrukt door NV. v/h A.C. Nix &Co.

Yulianto Sumalyo, 2006 , Arsitektur Mesjid. Yogyakarta: Gajah Mada Univ. Press

Walker, John A, 1989, Design History and The History of Design. London: Pluto Press

Yudoseputro, Wiyoso., 1983, Kesenian Tradisional Indonesia, 65-80

--------------------------,1986, Pengantar Seni Rupa Islam di Indonesia, Angkasa.

-------------------------, 2005, Historiografi Seni Indonesia, ITB.

Kamus: Oxford English Dictionary, 2nd Ed, Oxford University Press, 2003: 62; The New Grolier Webster International Dictionary of The English Language Encyclopedic-Language Institute of America, Inc.: 67; The shorter Oxford English Dictionary on Historical Principles, Vol. I, Oxford at The Clarendon Press, 1959: h.125).

http://www.patterninislamicart.com

Rumadi

, www.gusdur.net/id/mengagas-gus-dur/islam-dan-problem-otentisitas, 13 Agt 2002

Published

2017-12-29

Issue

Section

Articles