PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.9

Authors

  • Ditha Prasanti Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
  • Sri Seti Indriani Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Keywords:

Analysis, Development, Technology, Health, alodokter.com

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi bukanlah hal yang asing lagi didengar telinga kita di era digital ini. Ketika teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, maka hal ini akan mempengaruhi sistem informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang penting dalam kehidupan manusia adalah kesehatan. Berkat adanya kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini, sistem layanan informasi kesehatan pun menjadi semakin berkembang. Di era ini, kita dapat memperoleh layanan informasi kesehatan dalam salah satu sistem e-health "alodokter.com".

 

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tertarik melakukan penelitian  ini dengan judul "Analisis Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem E-Health "alodokter.com". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

 

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa analisis pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem layanan informasi kesehatan "alodokter.com" meliputi pemilihan para dokter sebagai partner yang memberikan informasi kesehatan; pemilihan konten informasi kesehatan yang beragam; sosialisasi layanan informasi kesehatan "alodokter.com" yang berbasis web, media sosial, dan aplikasi dalam googleplay;  dan pemilihan target kalangan remaja dan dewasa yang mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam situs"alodokter.com".

 

 

Kata Kunci:

Analisis, Pengembangan, Teknologi, Kesehatan, alodokter.com

 

References

Buku

Andrew F. Wood dan Matthew J. Smith. (2005). Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika.

Mulyana, Deddy. (2008). Metode Penelitian Komunikasi : Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Thurlow, Crispin, Laura Lengel and Alice Tomic. (2004). Computer Mediated Communication : Social Interaction and The Internet. California : SAGE Publications.

Yin, Robert K. (2003). Studi Kasus Desain dan metode, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Jurnal

Budhirianto, Syarif. (2016). MODEL PEMBERDAYAAN RELAWAN TIK DALAM MENINGKATKAN E-LITERASI MASYARAKAT DI KOTA SUKABUMI. Jurnal Penelitan Pos dan Informatika, 6(1), 19-36.

Elisabeth, E. (2014). Perancangan Aplikasi Edukasi Kesehatan Berbasis Multimedia. TEMATIKA, Journal of Informatics and Information Systems, 2(1), 31-40.

Indrayani, E. (2011). Pengelolaan sistem informasi akademik perguruan tinggi berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1.

Riwayadi, P. (2009). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. Diarsipkan oleh PLS UM untuk Imadiklus. com.

Maliki, I. (2010, June). MANAJEMEN RESIKO TEKNOLOGI INFORMASI I UNTUK KEBERLANGSUNGAN LAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL VERSI 3). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Artikel Online

http://www.staffnew.uny.ac.id/ konsep-tik.pdf, diakses pada 13 Agustus 2017

http://www.alodokter.com, diakses pada 14 Agustus 2017

Published

2018-04-29

Issue

Section

Articles