UPAYA REVITALISASI CAGAR BUDAYA KABUYUTAN CIBURUY MELALUI RANCANG BANGUN APLIKASI MANDALA

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.5

Authors

  • Erick Paulus Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjadjaran
  • Riki Nawawi Departemen Sejarah dan Filolog Universitas Padjadjaran
  • Mira Suryani Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjadjaran
  • Undang A Darsa Departemen Sejarah dan Filolog
  • Setiawan Hadi Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjadjaran

Keywords:

user centered design, evaluasi usabilitas, revitalisasi, kabuyutan ciburuy, mandala

Abstract

Kabuyutan Ciburuy pada mulanya merupakan suatu tempat berkumpulnya para cedikiawan dan pelajar untuk berbagi berbagai ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan pada kejayaan jaman pemerintahan Sunda, sekitar abad XIV sampai XVI. Setelah masuknya pemerintahan Mataram Islam ke wilayah Jawa Barat dan diterapkannya politik etis kolonial Belanda pada awal abad XX, aksara Sunda kuno dan kegiatan mandala perlahan-lahan mulai punah. Namun berbagai upaya telah dilakukan untuk melestarikan cagar budaya Sunda kuno tersebut. Makalah ini memaparkan rancang bangun aplikasi mandala sebagai inovasi baru dalam melestarikan cagar budaya di Kabuyutan Ciburuy. Dengan adanya aplikasi ini, upaya revitalisasi dari fungsi Kabuyutan Ciburuy sebagai lembaga pendidikan formal jaman kerajaan di Sunda dapat diaktifkan kembali. Aplikasi Mandala dikembangkan dengan pendekatan user centered design untuk memastikan keberdayagunaan aplikasi. Beberapa fitur yang disematkan ke dalam aplikasi mandala adalah visualisasi naskah Sunda kuno, transliterasi, terjemahan, galeri, dan hasil riset terkait Kabuyutan Ciburuy. Selanjutnya, fitur permainan dengan tema kesundaan ditambahkan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk belajar budaya Sunda dengan lebih menarik dan menyenangkan. Metode pararel disain dan pengujian usabilitas terhadap dua kelompok telah dilakukan dan  menunjukan hasil bahwa tingkat learnability sebesar 81,34 % dan satisfaction sebesar 77,67%.

References

Akanmu, S. A., & Jamaludin, Z. (2014). A user-centered design methodology for students' data-focused InfoVis. In 2014 3rd International Conference on User Science and Engineering (i-USEr) (pp. 115-118). https://doi.org/10.1109/IUSER.2014.7002687

da Silva, A. C. C., Tavares, T. A., & Soares, V. G. (2013). Management of intagible cultural heritage in digital media using pamin. In 2013 IEEE International Conference on Multimedia and Expo Workshops (ICMEW) (pp. 1-6). https://doi.org/10.1109/ICMEW.2013.6618425

Darsa, U. A. (2015). Kodikologi: Dinamika Identifikasi, Inventarisasi dan Dokumentasi Tradisi Pernaskahan Sunda. Bandung: Unpad.

de Oliveira, J., Amaral, L., Reis, L. P., & Faria, B. M. (2016). A study on the need of digital heritage management plataforms. In 2016 11th Iberian Conference on Information Systems and Technologies (CISTI) (pp. 1-6). https://doi.org/10.1109/CISTI.2016.7521505

Ghazali, M., Ariffin, N. A. M., & Omar, R. (2014). User centered design practices in healthcare: A systematic review. In 2014 3rd International Conference on User Science and Engineering (i-USEr) (pp. 91-96). https://doi.org/10.1109/IUSER.2014.7002683

Mazumder, F. K., & Das, U. K. (2014). Usability Guidelines For Usable User Interface. International Journal of Research in Engineering and Technology, 3(9), 2319-2322.

Nawawi, R. (2016). Kabuyutan Ciburuy Garut: Bale Padaleman geus Ampir Ambruk. Tabloid Galura.

Nawawi, R. (2017). Filologi Pakakas keur Murak Tutungkusan Karuhun. Majalah Mangle, 20-21.

Nawawi, R., & Ensa. (2017). Mandala Sakola Pamingpin Sunda Baheula. Majalah Mangle, 5-11.

Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. New York: Academic Press.

Rannikko, P. (2011). User Centred Design in Agile Software Developement. University of Tampere.

Scholtz, J., & Endert, A. (2014). User-centered design guidelines for collaborative software for intelligence analysis. In 2014 International Conference on Collaboration Technologies and Systems (CTS) (pp. 478-482). https://doi.org/10.1109/CTS.2014.6867610

Sharp, H., Rogers, Y., & Preece, J. (2015). Interaction Design Beyond Human - Computer Interaction (4th ed.). West Sussex, England.: John Wiley and Sons.

Smaradottir, B. F. (2016). The Steps of User-centered Design in Health Information Technology Development. In 2016 International Conference on Computational Science and Computational Intelligence The (pp. 116-121). https://doi.org/10.1109/CSCI.2016.28

Tuch, A. N., Bargas-Avila, J. A., & Opwis, K. (2010). Symmetry and aesthetics in website design: It's a man's business. Computers in Human Behavior, 26(6), 1831-1837. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.07.016

Published

2018-04-29

Issue

Section

Articles