KOLABORASI DOSEN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN VIDEO KONTEN PEMBELAJARAN MKDK KURIKULUM & PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG SMART CLASSROOM

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.1.2

Authors

  • Laksmi Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gema Rullyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ardiansah Ardiansah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

mkdk kurikulum dan pembelajaran, video konten pembelajaran

Abstract

Permasalahan pokok yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan video konten pembelajaran MKDK Kurikulum Pembelajaran (Kurpem) dengan melibatkan mahasiswa untuk terlaksananya pembelajaran smart classrooM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran MKDK Kurpem agar menghasilkan video konten pembelajaran yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series design. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia. Dosen dan mahasiswa berkolaborasi merancang pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif. Penilaian proses pembelajaran MKDK kurpem meliputi tiga tahapan kegiatan yang dinilai, tahapan kegiatan pertama adalah kegiatan pendahuluan, tahapan kegiatan kedua adalah kegiatan inti, dan tahapan kegiatan ketiga adalah kegiatan penutupan. kegiatan pendahuluan berada pada skor sangat baik. Proses pembelajaran MKDK Kurikulum dan Pembelajaran, pada tahapan kegiatan kedua, atau kegiatan inti berada pada skor baik. pada tahapan kegiatan terhakhir, atau kegiatan penutup berada pada skor sangat baik.

 

 

Collaboration of Student Lecturers in Developing Video Learning Content MKDK Curriculum & Learning To Support Smart Classroom. The main issues studied in this research are: "how to implement the video content learning MKDK Kurpem by involving students for the implementation of smart classroom learning?". This research was conducted with the aim of describing the process of collaboration of lecturers and students in planning the learning of MKDK Kurpem to produce quality learning content video. The method used in this research is quasi-experimental research method with time series design research design. Respondents of this research are students of English Education Study Program. The course of MKDK curriculum and learning (Kurpem) will develop a video learning content to meet the material needs of the smart classroom learning. In order to develop this content video more effectively in its implementation will involve students. Lecturers and students will collaborate together to design an active, creative, and effective learning process in conducting the learning process of MKDK Kurpem which will be published in the form of learning video, so it is expected to be used as a prototype in implementing learning related to MKDK Kurpem material.

 

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Beghetto, R. A. (2010). The cambridge handbook of creativity - google books. (J. C. Kaufman & R. J.,Eds.). New York: Cambridge University Press.

Bensley, D. A., & Spero, R. A. (2014). Improving critical thinking skills and metacognitive monitoring through direct infusion, 12, 55-57.

Brookhart, A. S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom, 8558.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dilley, A., Fishlock, J., Plucker, J. A., & Endowe, R. N. (2015). What We Know About COMMUNICATION. Unniversity of Connecticut.

Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2014). An integrated critical thinking framework for the 21st century. Thinking Skills and Creativity, 12, 43-52. http://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.12.004

Estuningsig, D. D. (2010). Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode pembelajaran problem based instruction (pbi). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Framework for 21st Century Learning. (2007).

Ghufron, A. (2007). Pemutakhiran kurikulum di perguruan tinggi oleh: Anik Ghufron FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan, XXVI(1), 105-120.

Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffi, P. (2015). A Framework for Teachable Collaborative Problem Solving Skills, 37 57. http://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7

Ku, K. Y. L. (2009). Assessing Students' Critical Thinking Performance Urging for Measurements Using Multi-Response Format. Thinking Skills and Creativity, 4(1), 70-76. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2009.02.001

Lin, S. F., & Lin, H. S. (2016). Learning nanotechnology with texts and comics: the impacts on students of different achievement levels. International Journal of Science Education, 38(8), 1373-1391. http://doi.org/10.1080/09500693.2016.1191089

Marin, L. M., & Halpern, D. F. (2011). Pedagogy for developing critical thinking in adolescents : Explicit instruction produces greatest gains. Thinking Skills and Creativity, 6(1), 1-13. http://doi.org/10.1016/j.tsc.2010.08.002

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis

teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. http://doi.org/10.1634/theoncologist.2014-0097

Paul, R., & Elder, L. (2006). The miniature guide to critical thinking: concepts & tools. Tomalese: The Foundation for Critical Thinking.

Pountney, R., Hallam, S., & Schimmel, H. (2015). Developing professional knowledge and expertise in educational technology : legacy, change and investment, 1(1), 1-17.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1-6. http://doi.org/https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Skills, P. for 21st C. (2009). 21st Century Skills Map.

Sumarli, S., & Murdani, E. (2015). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(2), 42-46.

Sungkono. (2003). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima.

U.S., S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Formatif,2(3), 248-262.

Widyoko, S.E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Published

2019-05-17

Issue

Section

Articles