PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TANGGUNGJAWAB DAN PERILAKU SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.3.2

Authors

  • Tite Juliantine Departement Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Urai Ramadhani UPI

Keywords:

model TPS, sikap tanggung jawab, perilaku sosial

Abstract

Hasil studi lapangan pada salah satu sekolah di Kota Bandung masih ditemukan kasus-kasus pelanggaran tata tertib, seperti masih ada siswa yang sekadar mengikuti pembelajaran, tidak mengerjakan tugas, meninggalkan kelas tanpa izin, coret-mencoret dinding, berkelahi dengan teman, dan pemerasan kepada teman atau adik kelas. Hal ini menunjukkan minimnya tanggung jawab dan perilaku sosial siswa sehingga perlu adanya upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut di antaranya dengan menggunakan model pembelajaran Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model TPSR terhadap tanggung jawab dan perilaku sosial siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al Inayah Kota Bandung dengan sampel yang diteliti sebanyak 30 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Semua data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran TPSR terhadap tanggung jawab dan perilaku sosial siswa. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest pada model TPSR baik terhadap tanggung jawab (p-value = 0,00) maupun perilaku sosial (p_value = 0,00). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPSR sangat penting dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan perilaku sosial siswa.

 

 

The results of a field study in one school in Bandung still find cases of violation of the discipline, such as there are still students who merely join the lesson, do not do the task, leave the class without permission, scrawl, fight with friends and confront their friends or juniors. This shows the lack of responsibility and social behavior of students. Thus, it is necessary to attempt to overcome these problems such as using the learning model of Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR). This study aims to examine the effect of TPSR model implementation on the responsibility and social behavior of students in physical education learning. Population in this research is students of class X MA Al Inayah, Bandung with sample studied 30 students. The research used experimental method with one group pretest-posttest design design, all data obtained were analyzed using paired sample t-test technique. The result of the research shows that there is significant influence of the application of TPSR learning model to the responsibility and social behavior of the students. There is an increase in the average pretest and posttest values on the TPSR model both on responsibility (p-value = 0.00) and social behavior (p_value = 0.00). Therefore, it can be concluded that the application of TPSR learning model is very important in improving the attitude of responsibility and social behavior of students.

References

Berliana. (1998). Pengaruh model hellison sebagai pembinaan sikap

bertanggungjawab yang dipadukan dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar. Tesis, Program Pascasarjana Institue Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bandung

Elias, M. J. (2005). The connection between academic and socialemotional learning. In the Fundamental Connection of Sel/ Ei, Academic Performance, and the Process of Learning (pp. 4-14).

https://doi.org/10.2307/1593632

Escart, A., Gutierrez, M., Pascual, C., & Llopis, R. (2010). Implementation of the personal and social responsibility model to

improve self-efficacy during physical education classes for primary school children. International Journal of Psychology and Psychological Therapy, 10(3), 387-402.

Hellison, D. (2003). Teaching responsibility through physical

activity. gora Para La Educacion Fsica Y El Deporte, 14(1), 1-4. Retrieved from http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/

Published

2019-01-02

Issue

Section

Articles