STANDARDISASI DESAIN SERAGAM SEKOLAH SISWA TAMAN KANAK-KANAK

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.3.9

Authors

  • Runi Andanari Prodi Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Teknologi Bandung
  • Kahfiati Kahdar Prodi Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Teknologi Bandung
  • Slamet Riyadi Prodi Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Teknologi Bandung

Keywords:

busana anak, seragam, standar, taman kanak-kanak

Abstract

ABSTRAK

        Pendidikan formal di Indonesia identik dengan kebutuhan seragam dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah. Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan pendidikan awal jalur formal juga telah menerapkan aturan berseragam bagi siswanya meski belum tercantum dalam peraturan pemerintah. Seragam siswa TK yang termasuk dalam kategori busana anak memiliki karakteristik desain khusus agar sesuai dengan fisiologis dan aktivitas anak. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik desain seragam sekolah yang ideal dan sesuai dengan aktivitas sehingga dapat menjadi rekomendasi standar seragam siswa TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi. Penelitian ini melihat seragam sekolah dari aspek pengguna dan konsumen untuk mendapatkan rekomendasi desain yang memenuhi kedua aspek tersebut. Observasi dilakukan pada 3 (tiga) sekolah TK di Bandung untuk mendapatkan data aktivitas dari aspek pengguna. Data preferensi dari aspek konsumen (orang tua siswa) diambil menggunakan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa preferensi desain seragam sekolah berdasarkan konsumen sebagian besar dapat memenuhi standar desain untuk seragam sekolah TK dan menyetujui penerapan aturan wajib berseragam sekolah TK.

Author Biographies

Kahfiati Kahdar, Prodi Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Teknologi Bandung

Kelompok Keahlian Kria dan Tradisi

Slamet Riyadi, Prodi Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Teknologi Bandung

Kelompok Keahlian Manusia dan Desain Produk Industri

Published

2020-02-12

Issue

Section

Articles