QUR’ANIC TECHNOBRAILLE: MENUJU TUNANETRA MUSLIM INDONESIA BEBAS BUTA BACA AL-QUR’AN

https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.13

Authors

  • Hamzah Hamzah IPB Bogor
  • Sholehudin Zaenal IPB Bogor

Keywords:

Tunanetra, Al-Qur’an Braille, Teknologi Komunikasi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji beberapa metode, mereduksi, dan memodifikasi kode Braille yang lebih efektif agar lebih mudah diimplementasikan oleh para penyandang tunanetra ketika membaca Alquran melalui metode Qur’anic technobraille. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan teori kepribadian sosial humanisme, yaitu melalui sudut pandang teori untuk memahami bagaimana individu tunanetra mengembangkan sifat-sifat kepribadiannya. Hasil kajian menunjukan, kehadiran teknologi Alquran Braille telah mengangkat kedudukan para tunanetra di tengah-tengah masyarakat. Mereka memiliki akses yang sama untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan mendapatkan pahala keutamaan membaca Alquran. Hal ini seharusnya menjadi bagian program prioritas pemerintah, salah satunya melalui program pengembangan teknologi komunikasi baca kode braille menuju Indonesia bebas buta baca Alquran. Hal ini harus dilakukan. mengingat populasi masyarakat terbesar di Indonesia adalah umat Islam.

References

Abdullah. 2003. Tafsir Ibnu Katsir. Edisi jilid ke -5. Pustaka Imam Syafi'i: Jakarta

ICEPVI. 2009. The Braille code: past-peresent-future. International Journal. 21 (2): 1-52

Irwanto, Kasim ER, Fransiska A, Lusli M, Siradj O. 2010. Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Indoensia: Sebuah Desk-Review. Pusat Kajian Disabilitas, Universitas Indonesia: Jakarta

LPMA. 2016. Indonesia butuh pengajar dan modul pengajaran Al-qur'an Braille. Diakses pada: https://www.kemenag.go.id/berita/386024/indonesia-butuh-pengajar-dan-modul-pengajaran-al-quran-braille?lang=id. Diakses pada: 4 Mei 2017

Muslimah U. 2015. Efektivitas pembelajaran membaca AL-Qur'an dengan menggunakan huruf Braille bagi siswa tunanetra di MTs Yakertunis Yogyakarta. [Skripsi]: UIN Sunan Kalijaga.

Nawawi. 1981. At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qur'an. Edisi ke-1. Siri Tarbiyyah: Damaskus.

Radojichikj DR. 2015. Students with visual impairments: Braille reading rate. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education. 3 (1): 1-6

Shohib M. 2012. Pedoman Membaca dan Menulis Al-Qur'an Braille. Lembaga Pentashih Mushaf Al-Qur'an : Jakarta.

Sugarda.Tarya J. 2012, Penyuluhan Paripurna, Penyuluhan Humanistik, Laboratorium Sosiologi dan Penyuluhan Pertanian Jurusan Sosek Peranian Universitas Padjadjaran Bandung.

Yunardi EB. 2012. Sejarah mushaf Al-Qur'an standar Braille. Jurnal Suhuf. 5 (2): 255-270.

Published

2018-08-31

Issue

Section

Articles