Analisis Penerimaan Aplikasi Tracking Kuliner Halal oleh Wisatawan di Kabupaten Malang
Keywords:
Halal, Kuliner, TAM, Tracking, WisatawanAbstract
Aplikasi tracking kuliner halal telah dikembangkan untuk melacak kuliner tersertifikasi halal di daerah kunjungan wisata. Aplikasi ini mengintegrasikan aplikasi Android dengan layanan Google maps dan Global Positioning System (GPS) untuk membantu wisatawan mengetahui lokasi kuliner tersertifikasi halal dengan peta navigasi dan informasi menu makanan yang disajikan. Sistem tracking ini masih dikembangakan di daerah terbatas. Sebelum penggunaan aplikasi ini diperluas perlu dievaluasi penerimaannya oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model), dimana faktor yang diteliti adalah kemanfaatan dan kemudahan untuk menggunakan aplikasi. Data diolah dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian aplikasi tracking kuliner halal menunjukkan persepsi kemudahan berpengaruh nyata terhadap kemanfaatan aplikasi. Persepsi manfaat dan persepsi kemudahan masing-masing berpengaruh nyata terhadap minat menggunakan aplikasi. Pengguna yakin bahwa aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki manfaat akan menarik minat masyarakat untuk menggunakan. Minat menggunakan aplikasi berpengaruh nyata terhadap penggunaan nyata aplikasi ini. Nilai predictive relevance sebesar 0,885 berarti model dinilai baik untuk menggambarkan keadaan sebenarnya di lapang.References
Chathoth, P. K. (2007). The impact of information technology on hotel operations, service management and transaction costs: A conceptual framework for full-service hotel firms. International Journal of Hospitality Management, 26(2), 395-408.
Dash, M., Mohanty, A. K., Pattnaik, S., Mohapatra, R. C., & Sahoo, D. S. (2011). Using the TAM model to explain how attitudes determine adoption of internet banking. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, (36), 50-59.
Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User acceptance of computer technology: a comparison of two theoretical models. Management Science, 35(8), 982-1003.
Fahmi, N. (2014). Perancangan Sistem Tracking Kuliner Tersertifikasi Halal Berbasis Android (Studi Kasus di Kota Malang). Universitas Brawijaya.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Analisis Multivariat Dengan Menggunakan SPSS (3rd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gomez-Martn, M. B., Armesto-Lopez, X. A., & Martnez-Ibarra, E. (2017). Tourists, Weather and Climate. Official Tourism Promotion Websites as a Source of Information. Atmosphere, 8(12), 255.
Hartono, J. (2007a). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher.
Hartono, J. (2007b). Sistem Informasi Keperilakuan (1st ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.
Law, R., Leung, R., & Buhalis, D. (2009). Information technology applications in hospitality and tourism: a review of publications from 2005 to 2007. Journal of Travel & Tourism Marketing, 26(5-6), 599-623.
Nasution, F. N. (2006). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Apek Perilaku (Behavior Ascpect). Retrieved November 23, 2016, from http://library.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-fahmi2.pdf
Rahardian, A. (2011). Analisis Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Perusahaan; Suatu Analisis Dengan Pendekatan Partial Least Squares. Universitas Diponegoro.
Salisbury, W. D., Chin, W. W., Gopal, A., & Newsted, P. R. (2002). Better theory through measurement"Developing a scale to capture consensus on appropriation. Information Systems Research, 13(1), 91-103.
Solimun. (2010). Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial Least Square- PLS. Malang: CV Citra.
Suarez Alvarez, L., Daz Martn, A. M., & Casielles, R. V. (2007). Relationship marketing and information and communication technologies: Analysis of retail travel agencies. Journal of Travel Research, 45(4), 453-463.
Sucipto, S., Subhekti, A., Effendi, U., Effendi, M., Kamal, M. A., Pinandito, A., & Tolle, H. (2017). Development Strategy of Halal Culinary Tracking Application on Halal Restaurant and Sharia Hotel in Great Malang , East Java , Indonesia (pp. 1274-1283). Alanya, Turkey: International Halal Tourism Congress.
Sucipto, S., Wijaya, C. K., Effendi, M., Pinandito, A., & Tolle, H. (2017). Acceptance of Halal Culinary Tracking ( HCT ) Application by Food Small Medium Enterprises ( SMEs ) to Support Halal Tourism (pp. 250-263). Senggigi, Lombok: International Conference on Managing Sustainable Tourism.
Teo, T. S. H., Lim, V. K. G., & Lai, R. Y. C. (1999). Intrinsic and extrinsic motivation in Internet usage. Omega, 27(1), 25-37.
Van der Heijden, H. (2003). Factors influencing the usage of websites: the case of a generic portal in The Netherlands. Information & Management, 40(6), 541-549.
Wahyudin, A., Munir, & Soviani, S. (2011). Tingkat Penerimaan Media Video Conference Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1).
Wiyono, G. (2011). Merancang penelitian bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: STIM YKPN.