KAJIAN PEMBELAJARAN KELOMPOK PEMBINA TARUNA MELALUI PENDEKATAN SYSTEM DYNAMICS
Keywords:
pembelajaran kelompok, pendidikan, system dynamics, unit pembina tarunaAbstract
Pendidikan memiliki peranan sentral pada pembentukan dan pengembangan SDM. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia sebagai lembaga pendidikan di bidang penerbangan berperan penting dalam menghasilkan SDM yang kompeten. Unit Pembina Taruna memiliki fungsi dan tugas pokok membentuk sikap dan perilaku Taruna sesuai dengan Lima Citra Manusia Perhubungan. Pembelajaran kelompok merupakan sebuah keniscayaan bagi Unit Pembina Taruna(UPT) agar bisa menyelesaikan tugas yang diharapkan yaitu terbentuknya lima citra manusia perhubungan pada karakter lulusan STPI. Penelitian ini menganalisis fenomena pembelajaran kelompok pada UPT yang kemudian dimodelkan dengan menggunakan metode System Dynamics. Faktor yang dimodelkan dalam proses pembelajaran kelompok adalah tingkat kenyamanan psikologis, aktivitas belajar, pencapaian target kinerja UPT dan pengaruhnya terhadap pencapaian target lima citra manusia perhubungan. Hasil simulasi adalah faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran kelompok adalah tingkat kenyamanan psikologis yang tumbuh secara positif. Pencapaian target lima citra manusia perhubungan bisa terlampaui ketika waktu dari penyelesaian tugas tidak agresif dan dukungan kepakaran pimpinan yang tinggi.
Kata kunci : pembelajaran kelompok, pendidikan, system dynamics, unit pembina taruna.