Kajian Desain Karakter Dalam Game Overwatch dalam Kerangka Metode Perancangan Manga Matrix
DOI:
https://doi.org/10.5614/jkvw.2017.8.1.5Abstract
Overwatch adalah game dengan genre First Person Shooter(FPS) dan juga Massive Online Battle Arena (MOBA). Terdapat 22 karakter yang dapat dipilih oleh pemain dan setiap karater memiliki kemampuan bertempur, senjata, bentuk badan, dan peran terbagi menjadi empat macam, yaitu: offense, Defense,Tanker, dan Support. 2 karakter wanita tersebut dipilih untuk menjadi objek penelitian, karena dalam permainan Overwatch, kedua karakter tersebut memiliki keterkaitan yang dibangun dengan latar belakang cerita yang kuat. Penelitian ini dilakukan dengan analisis struktur visual dengan pendekatan teori Manga Matrix. Pada 3 matrix dalam karakter yang dikaji, yaitu: matriks bentuk, matriks kostum, matriks personaliti. Hasiltemuan penelitian ini adalah manga matrix dapat diaplikasikan untuk menganalisis karakter dalamvideo game Overwatch. Akan tetapi, karena kedua karakter yang dianalisis keduanya merupakan manusia dalam bentuk wanita yang berbeda usia, mekanisme perancangan chara dalam Overwatch dibalik dari matrix personity, matrix kostum, dan terakhir menggunakan matrix bentuk. kesimpulan lainnya adalah game overwatch pada setiap karakternya lebih memfokuskan pada fungsi permainan dari masing-masing karakter.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Wimba jurnal Komunikasi Visual are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Firmanda Satria. M.Ds (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Wimba: Jurnal Komunikasi Visual KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10
BANDUNG 40132
Tel / fax : 0222516567 / 0222516567
Email: jurnalwimba@gmail.com