PERANCANGAN KAMPANYE KOMERSIAL GOJEK DENGAN MENGANGKAT FENOMENA PENGENDARA DI BAWAH UMUR
DOI:
https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.5Keywords:
kampanye, Gojek, edukasi, strategi komunikasiAbstract
Gojek sebagai pelopor ojek online di Indonesia memiliki peran untuk mewujudkan salah satu pilar perusahaannya yaitu berdampak sosial. Dengan itu penulis akan merancang kampanye komersial Gojek yang mengangkat isu sosial yaitu pengendara di bawah umur. Tiap tahunnya korban kecelakaan yang melibatkan pengendara dibawah umur terus meningkat. Berdasarkan analisis, akar dari masalah ini adalah karena orang tua memberikan kendaraan pribadi kepada anakanya yang masih belum cukup umur dengan berbagai alasan. Dari fenomena itu perusahaan Gojek sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi berbasis ride-hailing bisa mengadakan kampanye komersial yang mengandung unsur edukasi sebagai solusi permasalahan fenomena ini. Perilaku orang tua yang memberikan anaknya kendaraan pribadi sebelum waktunya dapat dianalisa melalui wawancara pada ahli, wawancara pada target audiance, dan studi literatur. Perilaku yang membahayakan tersebut dapat diberikan edukasi dan solusi melalui kampanye komersial Gojek dengan informasi yang tepat. Informasi yang diberikan mengenai bahaya mengizinkan anak dibawah umur untuk berkendara dan memberikan Gojek sebagai solusinya. Melalui kampanye pemasaran dengan nilai edukasi yang dikemas menggunakan strategi komunikasi dan edukasi yang tepat, perubahan perilaku orang tua yang mengizinkan anaknya berkendara dibawah umur akan semakin membaik secara bertahap.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Wimba jurnal Komunikasi Visual are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Firmanda Satria. M.Ds (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Wimba: Jurnal Komunikasi Visual KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10
BANDUNG 40132
Tel / fax : 0222516567 / 0222516567
Email: jurnalwimba@gmail.com