PERANCANGAN KAMPANYE KOMERSIAL GOJEK DENGAN MENGANGKAT FENOMENA PENGENDARA DI BAWAH UMUR

Authors

  • Muhammad Afif
  • Muhammad Afif

DOI:

https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.5

Keywords:

kampanye, Gojek, edukasi, strategi komunikasi

Abstract

Gojek sebagai pelopor ojek online di Indonesia memiliki peran untuk mewujudkan salah satu pilar perusahaannya yaitu berdampak sosial. Dengan itu penulis akan merancang kampanye komersial Gojek yang mengangkat isu sosial yaitu pengendara di bawah umur. Tiap tahunnya korban kecelakaan yang melibatkan pengendara dibawah umur terus meningkat. Berdasarkan analisis, akar dari masalah ini adalah karena orang tua memberikan kendaraan pribadi kepada anakanya yang masih belum cukup umur dengan berbagai alasan. Dari fenomena itu perusahaan Gojek sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi berbasis ride-hailing bisa mengadakan kampanye komersial yang mengandung unsur edukasi sebagai solusi permasalahan fenomena ini. Perilaku orang tua yang memberikan anaknya kendaraan pribadi sebelum waktunya dapat dianalisa melalui wawancara pada ahli, wawancara pada target audiance, dan studi literatur. Perilaku yang membahayakan tersebut dapat diberikan edukasi dan solusi melalui kampanye komersial Gojek dengan informasi yang tepat. Informasi yang diberikan mengenai bahaya mengizinkan anak dibawah umur untuk berkendara dan memberikan Gojek sebagai solusinya. Melalui kampanye pemasaran dengan nilai edukasi yang dikemas menggunakan strategi komunikasi dan edukasi yang tepat, perubahan perilaku orang tua yang mengizinkan anaknya berkendara dibawah umur akan semakin membaik secara bertahap.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles