Perancangan Kampanye Sosial Perspective-Taking Keluarga di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.5614/jkvw.2021.12.1.4Abstract
Resiko konflik keluarga di masa pandemi Covid-19 mengalami kenaikan dengan munculnya berbagai tekanan dari segi finansial, sosial, dan kesehatan. Masyarakat terpaksa terisolasi di rumah bersama keluarganya, sehingga dapat memicu konflik antar anggota. Dalam mengurangi konflik, diperlukan pemahaman perspektif setiap anggota keluarga. Perspective-taking merupakan kemampuan seseorang dalam melihat situasi melalui perspektif orang lain. Mengajak masyarakat menerapkan perspective-taking dalam keluarga memerlukan bentuk komunikasi terencana. Kampanye sosial menjadi langkah yang tepat, karena sifatnya persuasif. Berkampanye menggunakan film pendek sebagai media utama menyampaikan pesan tentang perspective- taking secara implisit dan menghibur. Konsep kampanye dirancang dengan menekankan kesan hangat, informal, dan nyaman dari keluarga. Luaran dari kampanye diharapkan dapat menumbuhkan rasa syukur serta sifat saling mengasihi antar anggota keluarga Indonesia.
kata kunci: kampanye sosial, perspective-taking, keluarga, konflik, Covid-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Wimba jurnal Komunikasi Visual are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Firmanda Satria. M.Ds (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Wimba: Jurnal Komunikasi Visual KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10
BANDUNG 40132
Tel / fax : 0222516567 / 0222516567
Email: jurnalwimba@gmail.com


