SOCIAL MEDIA IMPACT ANALYSIS ON THE TRAVEL BEHAVIOR OF MIGRANT STUDENTS IN THE CITY OF BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.5614/wpar.2024.22.1.01Keywords:
Dampak Media Sosial, Perilaku Perjalanan Wisata, Mahasiswa RantauAbstract
Informasi wisata yang menarik dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya dari media sosial. Data bulan Januari 2024, terdapat 185,3 juta pengguna internet dan didominasi 139 juta pengguna media sosial di Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan mix method untuk mengetahui dampak media sosial terhadap perilaku perjalanan wisata mahasiswa rantau di Kota Bandung. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 50 responden. Analisis data dilakukan dengan metode open coding dan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki dampak positif dan digunakan dalam proses pencarian informasi untuk penentuan tujuan wisata, mengatur dan merencanakan perjalanan, hingga kebiasaan mahasiswa membagikan pengalamannya serta memberi ulasan terhadap destinasi wisata. Platform media sosial yang paling banyak digunakan mahasiswa rantau di Kota Bandung dalam perjalanan wisata yaitu Instagram 48%, Tiktok 22%, Youtube 20%, Twitter 4%, dan Media sosial lain 6%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meity Intan Suryadi, Liza Enzelluthfiyah, Haya Shaliha Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.