DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PERJALANAN WISATA MAHASISWA RANTAU DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.5614/wpar.2024.22.1.01Kata Kunci:
Dampak Media Sosial, Perilaku Perjalanan Wisata, Mahasiswa RantauAbstrak
Informasi wisata yang menarik dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya dari media sosial. Data bulan Januari 2024, terdapat 185,3 juta pengguna internet dan didominasi 139 juta pengguna media sosial di Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan mix method untuk mengetahui dampak media sosial terhadap perilaku perjalanan wisata mahasiswa rantau di Kota Bandung. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 50 responden. Analisis data dilakukan dengan metode open coding dan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki dampak positif dan digunakan dalam proses pencarian informasi untuk penentuan tujuan wisata, mengatur dan merencanakan perjalanan, hingga kebiasaan mahasiswa membagikan pengalamannya serta memberi ulasan terhadap destinasi wisata. Platform media sosial yang paling banyak digunakan mahasiswa rantau di Kota Bandung dalam perjalanan wisata yaitu Instagram 48%, Tiktok 22%, Youtube 20%, Twitter 4%, dan Media sosial lain 6%.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Meity Intan Suryadi, Liza Enzelluthfiyah, Haya Shaliha Amalia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.