CONTROL VALUE THEORY ACHIEVEMENT EMOTIONS (CVTAE) TERHADAP TOURIST EXPERIENCE DAN REVISIT INTENTION DI TAMAN MARGASATWA DAN BUDAYA KINANTAN BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.5614/wpar.2024.22.2.06Keywords:
Control Value Theory Achievement Emotions, Pengalaman wisata, Niat kunjungan kembali, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan BukittinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Control Value Theory Achievement Emotions (CVTAE) terhadap pengalaman wisata dan niat wisatawan untuk kembali berkunjung (revisit intention) ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, Kota Bukittinggi. CVTAE menjelaskan bagaimana emosi yang terkait dengan pencapaian dipengaruhi oleh persepsi kontrol dan nilai yang diberikan individu terhadap situasi tertentu. Pengalaman wisata yang berkesan dapat mempengaruhi emosi positif dan negatif yang dirasakan oleh wisatawan, yang pada gilirannya mempengaruhi niat mereka untuk mengunjungi destinasi tersebut kembali. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, penelitian ini menggali pengalaman wisatawan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, storytelling yang menarik, dan inovasi dalam aktivitas wisata sangat berperan dalam menciptakan pengalaman yang positif, yang berujung pada peningkatan niat wisatawan untuk kembali ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan destinasi wisata yang lebih inovatif dan menarik di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 YOSI HANA FIBRI, Ernawati Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.