Karakterisasi Sifat Mekanik Mild Steel St37 dan High Strength Steel CR420LA pada Laju Regangan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.5614/MESIN.2016.25.2.5Abstract
Untuk mendapatkan prediksi respon yang cukup akurat dalam analisis tabrakan kendaraan darat, dimana terjadi pembebanan dan deformasi struktur dalam waktu yang cepat, diperlukan data sifat mekanik material pada berbagai laju regangan. Makalah ini menyajikan pengukuran sifat mekanik Mild Steel St37 dan High Strength Steel CR420LA pada kondisi kuasi-statik dengan laju regangan 0.001 s-1 dan pada kondisi dinamik dengan laju regangan 0.1 s-1, 1 s-1, 10 s-1, dan 100 s-1. Dalam pengujian, data beban terhadap waktu direkam menggunakan load cell, sedangkan data perpindahan terhadap waktu diperoleh menggunakan ekstensometer untuk uji kuasi-statik dan menggunakan kamera kecepatan tinggi diikuti dengan perhitungan regangan berdasarkan metode Korelasi Citra Digital (KCD) untuk kondisi dinamik. Hasil pengukuran menunjukan bahwa baja St37 dan CR420LA termasuk ke dalam jenis material yang sensitif terhadap laju regangan, dimana tegangan luluh material meningkat dengan naiknya laju regangan pada material.
References
M. Macaulay, Introduction to Impact Engineering, London: Chapman and Hall Ltd, 1987.
J. D. Campbell, "Dynamic Plasticity: Macroscopic and Microscopic Aspects," Materials Science and Engineering, vol. 12, pp. 3-21, 1973.
J. D. Campbell, Dynamic Plasticity of Metals, Vienna and New York: Springer, 1972.
N. Jones, Structural Impact, Cambridge: Cambridge University Press, 1989.
H. Huh, S. B. Kim, J. H. Song, J. H. Yoon, J. H. Lim and S. H. Park, "Investigation of Elongation at Fracture in a High Speed Sheet Metal Forming Process," Steel Research International, vol. 80, no. 5, pp. 316-322, 2009.
H. Huh, S.-B. Kim, J.-H. Song and J.-H. Lim, "Dynamic Tensile Characteristics of TRIP-Type and DP-Type Steel Sheets for an Auto-Body," International Journal of Mechanical Sciences, no. 50, pp. 918-931, 2008.
S. P. Santosa, T. Wierzbicki, A. G. Hanssen and M. Langseth, "Experimental and Numerical Studies of Foam-Filled Sections," International Journal of Impact Engineering, vol. 24, pp. 509-534, 2000.