Kajian Kampanye Street Smart sebagai Rujukan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.5614/jkvw.2020.11.2.2Keywords:
Social campaign, community service ad, traffic safety, street smart.Abstract
Indonesia adalah negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan kampanye keselamatan lalu-lintas. Street Smart adalah sebuah kampaye keselamatan lalu lintas tentang pejalan kaki dan pesepeda di Amerika yang berpotensi menjadi rujukan untuk kampanye keselamatan lalu lintas di Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif eksplanatif. Analisis menggunakan cara analisis teks dan landasan teori yang digunakan adalah definisi kampanye dan iklan layanan masyarakat dan pembuatan iklan layanan masyarakat yang baik. Street Smart memiliki tujuan utama yaitu mengurangi tingkat kecelakaan dan kematian dari pejalan kaki dan pesepeda dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam hal keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Kampanye yang berkelanjutan dan konsisten serta merangkul berbagai etnis dan kelompk masyarakat dalam komunikasi keselamatan bberlalu lintas merupakan kunci keberhasilan kampanye Street Smart. Oleh karena itu, Kampanye Sosial Keselamatan Berlalu lintas Street Smart adalh sebuah kampanye yang baik untuk dijadikan rujukan perancangan kampanye keselamatan berlalu lintas di Indonesia.
Indonesia has high traffic accidents statistics. In order to minimize such casualties, is to convey safety traffic activities and measures. Street Smart is one of traffic safety social campaign towards pedestrians and cyclists in US that could become a benchmark in developing traffic safety campaign in Indonesia. This is an explanative descriptive research using text analysis based on public service advertising design theory. The aim of Street Smart campaign is to reduce the traffic accidents as well as heightened public awareness on cyclists and pedestrians safety. This research finds that long term and consistent campaign is needed as well as embracing various ethnic and community groups in communicating safety traffic contents. Therefore, Street Smart Traffic Safety campaign is a good benchmark for developing traffic safety campaign in Indonesia.
References
Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Penerbit Andi.
Pamungkas, S. (2018, December 10). Polri Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas di Pusat Perbelanjaan. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, dari https://www.liputan6.com/otomotif/read/3803464/polri-kampanye-keselamatan-berlalu-lintas-di-pusat-perbelanjaan
Marhaenjati, B. (2019, January 20). Polisi Gaungkan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas Kaum Milenial. Diunduh pada tanggal 24 Maret 2020, dari https://www.beritasatu.com/megapolitan/533603/megapolitan/533603-polisi-gaungkan-kampanye-keselamatan-berlalu-lintas-kaum-milenial
Tamosee, M. (2016, June 16). Indonesia Ranked 5th in the World for Highest Number of Road Accidents. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2020, dari https://jakartaglobe.id/news/indonesia-ranked-5th-world-highest-number-road-accidents/
WHO. (2018, June 17). Global status report on road safety 2018. Diunduh pada tanggal 16 Maret 2020, dari https://www.who.int/publications-detail/global-status-report-on-road-safety-2018
Rastika, I. (2019, June 8). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas hingga 7 Juni 2019. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, dari https://nasional.kompas.com/read/2019/06/08/15245501/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-hingga-7-juni-2019
Marbun, J. (2014, November 6). Indonesia Urutan Pertama Peningkatan Kecelakaan Lalu Lintas. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/11/06/nem9nc-indonesia-urutan-pertama-peningkatan-kecelakaan-lalu-lintas/
Gunawan, H. (2014, April 13). Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, 80 Persen Human Error. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2020, dari http://www.tribunnews.com/metropolitan/2014/04/13/penyebab-kecelakaan-lalu-lintas-80-persen-human-error/
Gani, P. K. (2014, June 9). Kampanye Sosial. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, dari http://www.lspr.edu/pritakemalgani/kampanye-sosial/
Katadata. (2018, September 21). Sepanjang 2017 Terjadi 98 Ribu Kali Kecelakaan Lalu Lintas. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/09/21/sepanjang-2017-terjadi-98-ribu-kali-kecelakaan-lalu-lintas
Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
The Metropolitan Washington Council of Government. (n.d.). Street Smart. Diunduh pada tanggal 24 Maret 2020, dari http://www.bestreetsmart.net/
The Metropolitan Washington Council of Government. (2015). Exterior Bus Ads. Diunduh pada tanggal 24 Maret 2020, dari http://www.bestreetsmart.net/docs/2015/2015-buskings-spring.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Wimba jurnal Komunikasi Visual are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Firmanda Satria. M.Ds (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Wimba: Jurnal Komunikasi Visual KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10
BANDUNG 40132
Tel / fax : 0222516567 / 0222516567
Email: jurnalwimba@gmail.com