Perancangan Kampanye Sosial Untuk Mendorong Pekerja Muda Mengucapkan Terima Kasih Kepada Sesama

Authors

  • Karinda Amilia S Rumahorbo Institute Technology of Bandung

DOI:

https://doi.org/10.5614/jkvw.2020.11.2.5

Keywords:

Kampanye Sosial, Slice of Life, Milenial

Abstract

Mengucapkan terima kasih merupakan rasa kebersyukuran yang dapat memberikan manfaat positif seperti kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang yang menerimanya. Mengucapkan terima kasih dengan tulus juga mampu membangun relasi yang baik antara makhluk sosial, namun 'terima kasih' bagi generasi Milenial pekerja muda hanya sebatas formalitas antara rekan kerja dan atasan. Generasi Milenial pekerja muda mengetahui bahwa kata 'terima kasih' penting untuk diucapkan supaya relasi baik terbangun, namun ada satu informasi yang dilupakan yaitu bahwa 'terima kasih' dapat memberikan kebahagiaan bagi diri sendiri, terutama bagi Milenial yang mengalami banyak tekanan di lingkungan kerja. Tahapan awal perancangan dilakukan penelitian melalui proses studi literatur, wawancara, dan observasi lapangan dengan tujuan menggali lebih dalam mengenai masalah Perancangan kampanye sosial ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahapan perancangan creative brief dan tahapan eksekusi kampanye. Konsep komunikasi menggunakan copywriting dan visualisasi yang sesuai kehidupan sehari-hari, tanpa kekakuan, karena tidak ingin memunculkan kesan formalitas dalam visual kampanye, serta menggunakan pendekatan bahasa sesuai latar belakang pendidikan tinggi pekerja muda cukup mampu mendorong serta mempersuasi pekerja muda untuk memiliki kesadaran untuk berterima kasih kepada lingkungan sekitarnya.

Author Biography

Karinda Amilia S Rumahorbo, Institute Technology of Bandung

Faculty of Art and Design, Major Visual Communication Design - Advertising Visual Communication

Downloads

Published

2020-12-28