Perancangan Media Social Campaign untuk Mengatasi Toxic Dating Behavior pada Aktivitas Online Dating

Authors

  • Ananta Aristia Karina Institut Teknologi Bandung
  • Agung Eko Budiwaspada Institut Teknologi Bandung

Keywords:

toxic dating behavior, online dating, social campaign, media campaign

Abstract

Aktivitas online dating saat ini mengalami peningkatan kuantitas, baik dari segi aplikasi maupun pengguna. Peningkatan ini perlahan mengubah cara penggunanya untuk berkomunikasi, khususnya dalam hubugan romantis. Hal ini juga berefek pada munculnya berbagai isu sosial yang terkait dengan aktivitas kencan online. Isu-isu sosial yang terjadi menyebabkan timbulnya perilaku menyimpang yang digolongkan dalam toxic dating behavior. Ada beragam kerugian yang ditimbulkan dari perilaku ini pun beragam, mulai dari psikologis, sosial, hingga finansial. Solusi untuk permasalahan ini adalah dirancangnya sebuah program social campaign yang terutama ditujukan untuk mengubah perilaku generasi millennial sebagai pengguna dating apps terbanyak. Agar pesan ini sampai pada sasaran, tentunya diperlukan rancangan media yang persuasif baik untuk menuliskan pesan maupun menyebarkannya. Media campaign akan dirancang melalui lima tahapan yaitu pengumpulan data; analisis data; penentuan segementasi khalayak dan strategi persuasi; penentuan konsep media; serta ekseskusi media campaign. 

Author Biographies

Ananta Aristia Karina, Institut Teknologi Bandung

Mahasiswa Magister Desain FSRD ITB

Agung Eko Budiwaspada, Institut Teknologi Bandung

Lektor Kepala, KK Komunikasi Visual dan Multimedia, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung

References

DelGreco, M., & Denes, A. (2019). You are not as Cute as you Think you are: Emotional Responses to Expectancy Violations in Heterosexual Online Dating Interactions. Sex Roles, 1-11.

Dowshen, N., Lee, S., Lehman, B. M., Castillo, M., & Mollen, C. (2015). IknowUshould2: Feasibility of a Youth-Driven Social Media Campaign to Promote STI and HIV Testing Among Adolescents in Philadelphia. AIDS and behavior, 19(0 2), 106.

Huang, J.M., Stringhini, G., Yong, P. (2015). Quit playing games with my heart: Understanding online dating scams. Springer International Publishing Switzerland,, 216-236. Doi: 10.1007/978-3-319-20550-2 12

Hobbs, M., Owen, S., dan Gerber, L. (2016). Liquid love? Dating apps, sex, relationships and the digital transformation of intimancy. Journal of Sociology, 1-14. Doi: 10.1177/1440783316662718

IDN Media. (2019). Indonesia Milennial Report 2019. IDN Research Institute. Diakses dari https://cdn.idntimes.com/content-documents/Indonesia-millennial-report-2020-by-IDN-Research-Institute.pdf

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil Generasi Millennial Indonesia. Diakses dari https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasi-milenia.pdf

Montagna, G. (2015). Multi-Dimensional Consumers: Fahion and Human Factors. Procedia Manufacturing, 3, 6550-6556. Doi: 10.1016/j.promfg.2015.07.954

Shaw, F. (2016). "Bitch I said hi" : The Bye Felipe campaign and discursive activism in mobile dating apps. Social Media+ Society, 2(4), 2056305116672889.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ullmann, G., Kedia, S. K., Homayouni, R., Akkus, C., Schmidt, M., Klesges, L. M., & Ward, K. D. (2018). Memphis FitKids: implementing a mobile-friendly web-based application to enhance parents' participation in improving child health. BMC public health, 18(1), 1068.

Taleb, A. B., Laestadius, L. I., Asfar, T., Primack, B. A., Maziak, W. (2018). #Hookahlife: The rise of waterpipe promotion on Instagram. Health Education & Behavior 1-8. Doi: 10.1177/1090198118779131

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Vyas, A. N., Nagaraj, N., Genovese, J., Mahotra, G., Dubey, N., Hingorani, R., Manning, L., (2020). The girl rising "we dream, we rise' social media campaign in India: reach, engagement and impact. Journal of creatice communications 15(1), 106-124. Doi: 10.1177/097325861987835

Abrams, A. (30 Januari 2019). The psychology of modern dating. Psychology Today. Diakses dari https://www.psychologytoday.com/us/blog/nurturing-self-compassion/201901/the-psychology-modern-dating

DiDonato, T. E. (7 September 2018). The truth about ghosting ti end a relationship. Psychology Today. Diakses dari https://www.psychologytoday.com/us/blog/meet-catch-and-keep/201809/the-truth-about-ghosting-end-relationship

YouGov. (2017). A Third of Indonesians Have Used Internet Dating. Diakses dari https://id.yougov.com/en-id/news/2017/11/23/internet-dating/

Duggan, M. (2014). Online harassment. Pew research center. Retrieved from http://www.pewinternet.org/2014/10/22/online-harassment/.

Goldman Sachs. (2015). Millennials: Coming of Age. Diakses dari https://www.goldmansachs.com/insights/archive/millennials/

Matthews, H. (2018). 27 online dating statistics & what they mean for the future of dating. DatingNews. Diakses dari https://www.datingnews.com/industry-trends/online-dating-statistics-what-they-mean-for-future/

We Are Flint. (2018). Social Media Demographics 2018. Diakses dari https://weareflint.co.uk/main-findings-social-media-demographics-uk-usa-2018

Thung, C. (2018). Annual dating survey 2018 reveals that.... Lunch Actually. Diakses dari https://www.lunchactually.com/id/id/2018/11/15/annual-singles-dating-survey-2018-reveals-that/

Downloads

Published

2020-12-28

Issue

Section

Articles