Gaya Visual Etalase sebagai Alternatif Media Komunikasi Grafis Pada Bisnis Kuliner Masakan Padang : Studi Reflective Observation RM Padang

Authors

  • Agustina Kusuma Dewi Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sri Retnoningsih Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.5614/jkvw.2020.11.2.4

Keywords:

, reflection observation, etalase, kuliner padang

Abstract

Pada area visual, gaya merupakan cara khas yang memungkinkan pengelompokan objek ke dalam kategori terkait. Etalase dalam hal ini merupakan media komunikasi grafis alternatif yang berperan sebagai saluran komunikasi dari produk yang di-display di dalamnya. Bukan hanya fashion, bisnis kuliner pun mulai menggunakan Etalase untuk memajang kuliner utamanya dengan gaya visual yang khas yang membedakan dengan rumah makan lainnya; salah satunya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Rumah Makan Padang. Mengadaptasi Metode Kolb dalam Kerangka Berpikir Experiential Learning pada pengembangan penelitian di area Psikologi Desain, penelitian ini menggunakan pendekatan Reflective Observation untuk mengidentifikasi gaya visual pada Etalase Rumah Makan Padang dalam jarak tempuh tertentu. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa Gaya Visual Etalase RM. Padang dapat berfungsi sebagai media komunikasi grafis yang dalam proses perseptual berpotensi mengembangkan style navigations pada bisnis kuliner Padang.

Author Biographies

Agustina Kusuma Dewi, Institut Teknologi Nasional Bandung

Visual Art and Design

Sri Retnoningsih, Institut Teknologi Nasional Bandung

Visual Art and Design

References

Desintha, S., Ayu, I., & Octamediana, H. (2020). Unsur Visual Kemasan Granola Creations. VISUALITA, 8(2), 89-95. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i2.2769

Dewi, A., Piliang, Y., & Irfansyah, I. (2019). Telaah Etika Sinematika Deleuze Pada Reprensentasi Perempuan Jawa dalam Film 'SETAN JAWA' Karya Garin Nugroho. VISUALITA, 8(1), 39-46. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i1.1867

Gottlieb, H. (2007). Multidimensional translation: Semantics turned semiotics. In S. Nauert & H Gerzymisch-Arbogast (Eds.), Proceedings of the Marie Curie Euroconferences MuTra: Challenges of multidimensional translation (pp. 1-29). EU-High-Level Scientific Conference Series, Retrieved from http://www.euroconferences.info/proceedings/2005_Proceedings/2005_Gottlieb _Henrik.pdf

Kolb, David A., (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rahardja, Untung, Sugeng W., Dewi I. D., (2010). KPM Sebagai Pedoman Produksi Media MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting). Journal CCIT Vol.3 No.2 - Januari 2010.

Ting-Toomey, S., (1999). Communicating Across Cultures. Guilford Press.

Wibowo, T. (2013). Belajar Desain Grafis. Yogyakarta. Buku Pintar.

Downloads

Published

2020-12-28