Gaya Visual Etalase sebagai Alternatif Media Komunikasi Grafis Pada Bisnis Kuliner Masakan Padang : Studi Reflective Observation RM Padang
DOI:
https://doi.org/10.5614/jkvw.2020.11.2.4Keywords:
, reflection observation, etalase, kuliner padangAbstract
Pada area visual, gaya merupakan cara khas yang memungkinkan pengelompokan objek ke dalam kategori terkait. Etalase dalam hal ini merupakan media komunikasi grafis alternatif yang berperan sebagai saluran komunikasi dari produk yang di-display di dalamnya. Bukan hanya fashion, bisnis kuliner pun mulai menggunakan Etalase untuk memajang kuliner utamanya dengan gaya visual yang khas yang membedakan dengan rumah makan lainnya; salah satunya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Rumah Makan Padang. Mengadaptasi Metode Kolb dalam Kerangka Berpikir Experiential Learning pada pengembangan penelitian di area Psikologi Desain, penelitian ini menggunakan pendekatan Reflective Observation untuk mengidentifikasi gaya visual pada Etalase Rumah Makan Padang dalam jarak tempuh tertentu. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa Gaya Visual Etalase RM. Padang dapat berfungsi sebagai media komunikasi grafis yang dalam proses perseptual berpotensi mengembangkan style navigations pada bisnis kuliner Padang.
References
Desintha, S., Ayu, I., & Octamediana, H. (2020). Unsur Visual Kemasan Granola Creations. VISUALITA, 8(2), 89-95. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i2.2769
Dewi, A., Piliang, Y., & Irfansyah, I. (2019). Telaah Etika Sinematika Deleuze Pada Reprensentasi Perempuan Jawa dalam Film 'SETAN JAWA' Karya Garin Nugroho. VISUALITA, 8(1), 39-46. https://doi.org/10.33375/vslt.v8i1.1867
Gottlieb, H. (2007). Multidimensional translation: Semantics turned semiotics. In S. Nauert & H Gerzymisch-Arbogast (Eds.), Proceedings of the Marie Curie Euroconferences MuTra: Challenges of multidimensional translation (pp. 1-29). EU-High-Level Scientific Conference Series, Retrieved from http://www.euroconferences.info/proceedings/2005_Proceedings/2005_Gottlieb _Henrik.pdf
Kolb, David A., (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Rahardja, Untung, Sugeng W., Dewi I. D., (2010). KPM Sebagai Pedoman Produksi Media MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting). Journal CCIT Vol.3 No.2 - Januari 2010.
Ting-Toomey, S., (1999). Communicating Across Cultures. Guilford Press.
Wibowo, T. (2013). Belajar Desain Grafis. Yogyakarta. Buku Pintar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Wimba jurnal Komunikasi Visual and KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Wimba jurnal Komunikasi Visual are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Firmanda Satria. M.Ds (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Wimba: Jurnal Komunikasi Visual KK Komunikasi Visual & Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10
BANDUNG 40132
Tel / fax : 0222516567 / 0222516567
Email: jurnalwimba@gmail.com