Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah sudah dipastikan dan diyakini karya asli, bukan plagiasi
  • Di naskah sudah ditulis nama penulis(-penulis) beserta afiliasi masing-masing dan e-mail korespondensi.
  • Naskah dikirim hanya ke Jurnal Otomasi, Kontrol, dan Instrumentasi, tidak ke jurnal lain sampai dipastikan diterima atau ditolak oleh Jurnal Otomasi, Kontrol, dan Instrumentasi
  • Membaca , memahami dan menyetujui Pernyataan Privasi dan Pemberitahuan Hak Cipta di halaman ini

Panduan Penulis

Jurnal Otomasi, Kontrol & Instrumentasi

Informasi bagi Penulis Naskah

Penerimaan Naskah

Naskah yang diterima berasal dari civitas akademika baik dari Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian maupun dari kalangan industri yang berhubungan dalam bidang otomasi, rekayasa kontrol, dan instrumentasi. Naskah yang dikirim tidak pernah dipublikasikan pada jurnal atau majalah yang lain sebelumnya. Bahasa yang dipakai dalam penulisan adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah akan diuji kelayakannya melalui sistem refereeing oleh para Reviewer dari ITB dan Perguruan Tinggi lain berdasarkan keaslian (orisinalitas), relevansi, dan validitas ilmiah.

Penulisan Naskah

Naskah diketik dengan aplikasi pengolah kata Microsoft Word, dengan huruf berjenis Franklin Gothic Book , ukuran font 9 – 14 tergantung bagian, panjang naskah adalah 4 – 8 halaman dengan ukuran kertas A4, orientasi portrait, mirror margin dengan jarak margin 0.98” (2,49 cm) inside , 0.79” (2,01 cm) outside , 1” (2,54 cm) top, 1” (2,54 cm) bottom. Contoh lebih jelas dalam bentuk template bisa diunduh pada tautan ini.
Naskah menggunakan struktur Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), Nomenklatur (jika ada) , Referensi atau Daftar Pustaka.
Untuk sistematika boleh menggunakan IMRAD (Introduction, Method, Results and Discussion).

Judul Makalah dibuat sedemikian rupa agar memikat orang untuk membaca lebih lanjut ke bagian abstrak, pendahuluan terus hingga ke kesimpulan. Judul makalah harus akurat, informatif dan selengkap mungkin tapi tetap spesifik dan ringkas. Untuk judul agar tidak digunakan singkatan karena bisa dimaknai berbeda.
Abstrak bersifat rangkuman naskah , sifatnya adalah untuk memikat orang agar membaca isi naskah secara lebih lanjut dan bahkan mensitasinya. Isi abstrak harus jelas (self explanatory) , ada pernyataan uraian masalah, usulan pendekatan atau penyelesaian masalah, temuan (finding) utama dan kesimpulan. Di bagian abstrak tidak boleh ada kutipan atau sitasi, dan tidak boleh ada catatan kaki (footnote). Jumlah kata di abstrak paling banyak 200 kata.
Pendahuluan bersifat pengantar isi naskah. Isi pendahuluan adalah latar belakang penelitian termasuk penelitian yang pernah dilakukan , masalah dan kelemahan (gap analysis) atau apa yang belum dilakukan dari penelitian lampau, penelitian yang akan dilakukan dan usulan penyelesaian masalah dan usulan cara mengatasi kelemahan. Sifat pendahuluan adalah suatu tinjauan (review) literatur dari penelitian-penelitian sebelumnya. Naskah dibuat berkesan lebih baru (state of the art), rujukan artikel adalah dari jurnal 10 tahun terakhir. Pendahuluan dibuat singkat, 1 – 2 paragraf.
Metode berisi presentasi pelaksanaan eksperimen dalam penelitian, sedemikian rupa agar bisa direplikasikan atau direproduksi oleh peneliti lain. Di bagian metode ini cukup dituliskan rangkaian peralatan utama saja, atau alat-alat utama yang perlu digunakan untuk analisis atau karakterisasi, bahkan perlu sampai ke tipe dan akurasi. Dituliskan juga secara lengkap lokasi penelitian, jumlah responden, cara mengolah hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, cara mengukur tolok ukur kinerja. Metode yang sudah umum tidak perlu dituliskan secara detil, tetapi cukup merujuk ke buku acuan. Prosedur percobaan dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah.
Hasil & Diskusi memuat temuan-temuan penting dalam penelitian (sebaiknya dipresentasikan dalam bentuk yang ringkas berupa gambar atau tabel) beserta kemungkinan sebab akibat, perbandingan dan keterikatan dengan penelitian sebelumnya dengan menuliskan referensinya. Hasil & diskusi setidaknya berunsur (1) what / how yaitu apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah) dan dipresentasikan dalam bentuk tabel atau gambar, serta diberi keterangan yang mudah dipahami. Temuan atau finding bisa dituliskan tapi diskusinya tidak ditulis di sini; (2) why pada bagian diskusi memperlihatkan kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan / atau hipotesis. Kadang-kadang harus dibahas hingga tingkat kajian aspek-aspek molekuler. Diskusi yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; terakhir (3) what else yaitu apa ada kesesuaian atau pertentangan dengan penelitian orang lain.
Kesimpulan berisi rangkuman dan temuan utama dari penelitian. Sifat kesimpulan hanya cukup menjawab dan sesuai dengan permasalahan atau tujuan penelitian, dan dapat juga menghasilkan sebuah teori / konsep baru berdasarkan fakta / analisis yang ada. Boleh disertai saran untuk penelitian lanjutan. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk paragraf, jangan dalam bentuk list / numbering. Kalaupun terpaksa ada list / numbering, tetap dituliskan dalam bentuk paragraf. Kesimpulan agar tidak dibagi lagi dalam bentuk sub kesimpulan, saran agar tidak dibagi lagi menjadi sub saran.
Ucapan terima kasih, jika ada , ditujukan kepada pemberi hibah, atau sponsor beserta nomor dokumen hibah
Nomenklatur adalah daftar notasi dan artinya.
Referensi atau Daftar Pustaka menggunakan cara penulisan IEEE , yaitu mengacu pada IEEE Reference Guide. Diupayakan minimal 15 referensi, sebaiknya dari 10 tahun terakhir. Diupayakan pula minimum 80% referensi adalah jurnal ilmiah, dan maksimal 20% dari buku-buku berisi konsep teori.
Naskah dapat dilengkapi gambar, tabel dan rumus atau persamaan. Hindari penggunaan catatan kaki (footnote).
Gambar: masing-masing gambar diberi nomor (Gambar 1, Gambar 2 dst.) dan diberi keterangan (caption). Keterangan ditulis sesudah gambar. Diusahakan agar gambar ditampilkan segera sesudah dirujuk dalam naskah. Tuliskan juga sitasinya jika gambar berasal suatu sumber atau artikel lain. File gambar diserahkan terpisah dalam format *.png, *.jpg atau *.eps.
Tabel: masing-masing tabel diberi nomor (Tabel 1, Tabel 2 dst.) dan diberi keterangan (caption). Keterangan ditulis sebelum tabel. Diusahakan agar tabel ditampilkan segera sesudah dirujuk dalam naskah. Garis batas di tabel hanya garis horizontal yaitu adalah di bagian atas, pemisah kepala tabel dengan isi tabel, dan di bagian bawah. Tuliskan juga sitasinya jika tabel berasal sumber atau artikel lain.
Rumus / equation dituliskan secara simetri tengah (center alignment) dan diberi nomor secara rata kanan (left alignment). Keterangan notasi dan simbol dalam rumus dituliskan dalam bentuk paragrafi deskriptif, bukan dalam bentuk daftar atau list.
Template penulisan dapat diunduh di tautan ini. Dalam template ada keterangan lebih mendetail tentang ukuran font untuk masing-masing bagian, ketentuan pemuatan gambar, tabel atau persamaan, contoh penulisan referensi.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat surel yang di berikan pada jurnal ini digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan untuk kepentingan maupun pihak lain