Prototipe Sistem Kendali Perabot Elektronik Rumah Tangga Berbasis Internet of Things

https://doi.org/10.5614/joki.2022.14.2.1

Penulis

  • S. E. Mawaddah Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro
  • Sumariyah Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro ; Center for Plasma Research, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas
  • Suryono Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro

Abstrak

Pada era industri 4.0 perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) mulai merambah kepada pengendalian perabot elektronik pada rumah tangga. Pengendalian perabot elektronik rumah tangga penting dilakukan karena sistem pengendalian yang efisien dapat menekan biaya penggunaan energi listrik. Pada penelitian ini telah dirancang bangun sistem kendali perabot elektronik rumah tangga berbasis IoT menggunakan mikrokontroler ESP32 dan smartphone. Sistem ini dapat dikendalikan secara dua arah yaitu melalui aplikasi Blynk dan push button manual untuk mematikan dan menyalakan perabot yang terhubung dengan relay. Aplikasi Blynk juga dirancang untuk memonitoring perabot elektronik yang dikendalikan menggunakan sensor. Sensor yang digunakan adalah DS18B20 untuk perabot yang menghasilkan perubahan suhu, dan sensor BH1750 untuk perabot yang menghasilkan perubahan cahaya. Pada pengujian sistem didapatkan hasil relay akan mengubah kondisi ketika salah satu tombol pengendalian ditekan dan menampilkan tampilan ON pada aplikasi Blynk ketika relay menyala dan tampilan OFF ketika relay mati. Dari sensor DS18B20 menampilkan suhu sedangkan sensor BH1750 menampilkan intensitas cahaya pada perabot yang dikendalikan. Hasil kalibrasi sensor diperoleh kesalahan pengukuran tidak melebihi 3%. Jaringan Wi-Fi dapat diakses oleh mikrokontroler ESP32 hingga jarak 10 meter dari router. Pengendalian melalui aplikasi Blynk dapat dilakukan di manapun dan kapanpun selagi smartphone terhubung dengan jaringan internet.

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

[1]
S. E. Mawaddah, Sumariyah, dan Suryono, “Prototipe Sistem Kendali Perabot Elektronik Rumah Tangga Berbasis Internet of Things ”, JOKI, vol. 14, no. 2, hlm. 65-73, Okt 2022.