Pengangkut Muatan Kapasitas 2 kg Berbasis Mikrokontroler

https://doi.org/10.5614/joki.2024.16.2.1

Penulis

  • Irawati Dewi Syahwir Akademi Metrologi dan Instrumentasi
  • Thomas Rocky Roganda Nainggolan Akademi Metrologi dan Instrumentasi

Kata Kunci:

Pengangkut Semi-Otomatis, Intralogistik, Kecepatan Putaran dan Massa Muatan

Abstrak

Transformasi energi semakin berkembang dan perdagangan semakin kompleks dan dinamis dalam efisiensi energi dan desain produksi yang fleksibel. Pembuatan pengangkut semi-otomatis merupakan pendekatan untuk mendukung fleksibilitas intralogistik, di mana kebutuhan daya listrik dan efisiensi waktu dapat dianalisis. Metode yang digunakan adalah mengukur kecepatan putar roda pengangkut semi-otomatis kemudian mengidentifikasi modelnya. Kecepatan putaran roda pada pengangkut semi-otomatis juga dianalisis berdasarkan gerakan translasi, gerakan putar, dan pengangkatan dan muatan. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kebutuhan energi untuk gerakan translasi dan rotasi meningkat akibat adanya massa dari muatan. Namun, pada keadaan yang sama dengan terjadinya peningkatan nilai kecepatan pengangkut semi-otomatis menyebabkan kebutuhan energi yang lebih rendah, meskipun kebutuhan daya listrik bertambah. Kemampuan motor DC menurun dengan penambahan muatan yaitu dari 239,184 rpm menjadi 166,204 rpm dan begitu juga pada baterai dari 20000 mhA menjadi 5400 mhA. Pada kondisi pengukuran dinamis yaitu pengukuran dilakukan saat motor jalan terjadi kesalahan pengukuran rata-rata –0,11 cm hingga –0,03 cm pada pergerakan mundur.

Referensi

M. R. Karim, M. A. Baten, and M. A. Mamun, “Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermuatan Terhadap Kapasitas Jalan Raya Menggunakan Software ViSSIM (Studi Kasus: Jalan Solo-Boyolali),” in Seminar Nasional Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2014.

A. Mahmoudabadi and S. M. Seyedhosseini, “Application of Chaos Theory in Hazardous Material Transportation,” Int. J. Transp. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2012, doi: 10.22119/IJTE.2013.2627.

P. M. N. Manege, E. K. Allo, and Bahrun, “Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Kapasitas 20Kg Berbasis Microcontroller ATMega8535,” E-Journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 1, pp. 57–62, 2017, doi: 10.35793/jtek.v6i1.16123.

A. Sitorus, Novrinaldi, and R. Bulan, “Non-invasive moisture content measurement system based on the ESP8266 microcontroller,” Bull. Electr. Eng. Informatics, vol. 9, no. 3, pp. 924–932, 2020, doi: 10.11591/eei.v9i3.2178.

A. M. Shafei and M. H. Korayem, “Theoretical and experimental study of dynamic load-carrying capacity for flexible robotic arms in point-to-point motion,” Optim. Control Appl. Methods, vol. 38, no. 6, pp. 963–972, 2017, doi: 10.1002/oca.2302.

M. Meißner and L. Massalski, “Modeling the electrical power and energy consumption of automated guided vehicles to improve the energy efficiency of production systems,” Int. J. Adv. Manuf. Technol., vol. 110, no. 1–2, pp. 481–498, 2020, doi: 10.1007/s00170-020-05796-8.

E. Prichard, Analytical Measurement Terminology: Handbook of Terms used in Quality Assurance of Analytical Measurement (Valid Analytical Measurement), 1st ed. Cambridge: Royal Society of Chemistry, 2001.

L. Khakim and A. D. P. Aji, “Microcontroller-based Smart Trolly Performance Analysis,” West Sci. Interdiscip. Stud., vol. 2, no. 03, pp. 511–517, 2024, doi: 10.58812/wsis.v2i03.692.

N. A. Rawashdeh, R. M. Haddad, O. A. Jadallah, and A. E. To’ma, “A Person-following Robotic Cart Controlled via a Smartphone Application: Design and Evaluation,” in 2017 International Conference on Research and Education in Mechatronics (REM), Wolfenbuettel, Germany: IEEE, 2017, pp. 1–5. doi: 10.1109/REM.2017.8075245.

R. Mardiati, F. Ashadi, and G. F. Sugihara, “Rancang Bangun Prototipe Sistem Peringatan Jarak Aman pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Mikrokontroler ATMEGA32,” TELKA J. Telekomun. Elektron. Komputasi, dan Kontrol, vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2016, doi: 10.15575/telka.v2n1.53-61.

D. H. Y. Putra and R. Dinzi, “Studi Pengaturan Kecepatan Motor DC Shunt dengan Metode Ward Leonard (Aplikasi pada Laboratorium Konversi Energi Listrik FT USU),” Universitas Sumatera Utara, 2013. [Online]. Available: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83166

A. W. Ibrahim, T. W. Widodo, and T. W. Supardi, “Sistem Kontrol Torsi pada Motor DC,” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 6, no. 1, pp. 93–104, 2016, doi: 10.22146/ijeis.10775.

Sulistiyo et al., “Modifikasi Rancang Bangun Gerobak Sorong Bermesin sebagai Sarana Angkut pada Proses Pengangkutan Material pada Industri Batu Bata,” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG), 2018. [Online]. Available: https://onesearch.id/Record/IOS19079.922

Y. Abdullah Haqiqi, I. M. Suartika, and I. N. Setiawan, “Rancang Bangun Gerobak Sorong Semi-Otomatis Berpenggerak Motor Dc Dengan Menggunakan Metode Pulse Width Modulation,” J. SPEKTRUM, vol. 9, no. 4, p. 24, 2022, doi: 10.24843/spektrum.2022.v09.i04.p4.

W. M. Rumaherang, “Evaluasi Karakteristik Energy Torque Converter Berdasarkan Pengaruh Rasio Putaran Terhadap Koefisien Torsi Dan Efesiensi,” ALE Proceeding, vol. 2, no. April, pp. 115–120, 2021, doi: 10.30598/ale.2.2019.115-120.

A. Emara, A. Rusdinar, and R. Nugraha, “Perancangan Algoritma Sistem Penghindar Tabrakan pada Automatic Guided Vehicle (AGV) Menggunakan Sensor Lidar,” e-Proceeding Eng., vol. 4, no. 2, pp. 1402–1409, 2017, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/170

L. Prasetyo, “Prototype Rancang Bangun Automatic Guided Vehicle (AGV) Berbasis Line Follower,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2019. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65843

Diterbitkan

2024-05-15

Cara Mengutip

[1]
I. D. Syahwir dan T. R. R. . Nainggolan, “Pengangkut Muatan Kapasitas 2 kg Berbasis Mikrokontroler ”, JOKI, vol. 16, no. 2, hlm. 66-76, Mei 2024.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama