Penentuan Karakteristik Dari Sistem Pengontrolan Kelajuan Motor DC Dengan Sensor Optocoupler Berbasis Mikrokontroler AT89S52

https://doi.org/10.5614/joki.2012.4.1.4

Penulis

  • Asrizal Asrizal
  • Yulkifli Yulkifli
  • Melvi Sofia

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan blok diagram sistem dan menganalisis karakteristik statik sistem pengontrolan kelajuan motor DC dengan sensor optocoupler berbasis mikrokontroler. Pada sistem pengontrolan, putaran motor DC diindra oleh optocoupler, keluaran sensor diproses melalui mikrokontroler AT89S52 dan hasilnya ditampilkan pada LCD. Sistem pengontrol dirancang untuk mengontrol kelajuan motor DC antara 20 sampai 30 rpm dengan selang waktu 1 sampai 12 menit. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam rekayasa. Pengukuran langsung dilakukan terhadap jumlah dan waktu putar motor DC. Pengukuran tidak langsung digunakan untuk menentukan kelajuan dari motor DC. Produk yang dihasilkan dan data yang didapatkan dari hasil pengukuran dianalisis melalui tiga cara yaitu metoda mendeskripsikan, teori kesalahan, dan metoda grafik. Berdasarkan hasil analisis terhadap produk dan data dapat dikemukakan tiga hasil penelitian ini. Pertama, rangkaian sistem pengontrolan dari tujuh elemen dasar yaitu: sensor optocoupler, mikrokontroler AT89S52, tombol setting dan selektor, LCD, SPC DC motor, motor DC dan catu daya teregulasi. Kedua, ketepatan rata-rata dari penunjuk jumlah putar dan waktu putar motor DC dari sistem pengontrolan masing-masing 99,122 dan 99,786. Ketelitian rata-rata dari penunjuk jumlah putar dan waktu putar dari sistem pengontrolan masing-masing 0,988 dan 0,994. Berarti ketepatan dan ketelitian dari sistem pengontrolan termasuk tinggi. Ketiga, pada tiga titik set kelajuan motor DC yang dirancang, dihasilkan jumlah putar motor DC naik secara linear dengan kenaikan waktu putar masing-masing kelajuan motor DC pada titik set adalah 20,331 RPM, 25,214 RPM, dan 30, 169 RPM.

Keyword:Karakteristik, sistem, kontrol, optocoupler, mikrokontroler

Diterbitkan

2012-07-02

Cara Mengutip

[1]
A. Asrizal, Y. Yulkifli, dan M. Sofia, “Penentuan Karakteristik Dari Sistem Pengontrolan Kelajuan Motor DC Dengan Sensor Optocoupler Berbasis Mikrokontroler AT89S52”, JOKI, vol. 4, no. 1, hlm. 25, Jul 2012.