Pembuatan Operator Training Simulator Unit Tanur Anoda dan Pengolahan pada Pabrik Pemurnian Tembaga menggunakan Fasilitas Pemrograman Function Block Distributed Control System

https://doi.org/10.5614/joki.2013.5.2.2

Penulis

  • Nico Febrian

Abstrak

Operator Training Simulator (OTS) merupakan simulator yang dibuat untuk menggambarkan proses aktual di lapangan dan dapat menjadi sebuah metode pembelajaran bagi operator baru tanpa harus terjun langsung ke lapangan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

OTS pada penelitian tugas akhir ini dibuat berdasarkan proses sebenarnya pada unit tanur anoda dan unit refinery di PT Smelting Gresik menggunakan fasilitas pemrograman function block pada DCS Centum CS3000 Yokogawa. Pemodelan pada simulator menggunakan persamaan kesetimbangan energi dan massa. Pembuatan OTS ini berdasarkan kebutuhan efisiensi proses pemurnian tembaga yang tinggi, baik waktu maupun biaya karena hanya terdapat satu pabrik pemurnian tembaga di Indonesia.

Simulasi pada unit tanur anoda meliputi proses oksidasi dan reduksi. Sedangkan pada unit Refinery, simulasi meliputi proses electrorefining (elektrolisis). Secara keseluruhan, simulasi menggambarkan penurunan kadar pengotor di dalam tembaga cair. Hasil simulasi telah divalidasi terhadap data aktual lapangan dan didapat galat sebesar 0.08% untuk proses oksidasi, 0.91% untuk proses reduksi dan 1.06% untuk proses refining.

 

Kata Kunci: Operator training simulator, Anoda, Refinery, Tembaga, DCS

Diterbitkan

2015-02-26

Cara Mengutip

[1]
N. Febrian, “Pembuatan Operator Training Simulator Unit Tanur Anoda dan Pengolahan pada Pabrik Pemurnian Tembaga menggunakan Fasilitas Pemrograman Function Block Distributed Control System”, JOKI, vol. 5, no. 2, hlm. 65, Feb 2015.