Perancangan Sistem Kontrol Ketinggian Baja Cair pada Proses Continuous Casting dengan Pengontrol PID Robas H∞

https://doi.org/10.5614/joki.2015.7.2.5

Penulis

  • Muhammad Zibny
  • Endra Joelianto
  • Sutanto Hadisupadmo

Abstrak

Baja merupakan salah satu logam yang memiliki kegunaan yang banyak, berbagai tempat baik kantor, sekolah, bahkan dapur selalu terdapat peralatan-peralatan yang terbuat dari baja. Industri pencetakan baja merupakan industri yang kompleks, dimana antara satu sistem dengan sistem lainnya saling berkaitan. Pada penelitian ini akan dibahas tentang salah satu sistem kontrol yang berada pada industri pencetakan baja yaitu sistem kontrol ketinggian baja cair yang berada pada proses continuous casting.

Pada penelitian ini ada beberapa tahapan yang akan dilakukan, pertama adalah melakukan pemodelan dengan menggunakan metode ADALINE (Adaptive Linear Neuron) yang kemudian diambil bobot-bobotnya untuk dimasukkan kedalam persamaan ARX (Auto Regressive eXogenus) dari situlah didapatkan model sistem kontrol ketinggian baja cair. Hasil pemodelan ini selanjutnya akan digunakan untuk merancang pengontrol sistem.

Simulasi dilakukan sebanyak empat kali atau dengan kata lain empat variasi nilai γ. Dari keempat variasi tersebut didapatkan nilai γ adalah 0,13 yang menghasilkan Kp= 18,3286; Ki= 5,3617; dan Kd= 1,712. Untuk nilai pengontrol tersebut dihasilkan respon dengan lonjakan maksimum 9,19% dan settling time sebesar 2,47 detik.

Kata Kunci: ADALINE, ARX, Persamaan Ruang Keadaan, Kontrol Robas, Pengontrol PID, Moore-penrose

Diterbitkan

2017-01-13

Cara Mengutip

[1]
M. Zibny, E. Joelianto, dan S. Hadisupadmo, “Perancangan Sistem Kontrol Ketinggian Baja Cair pada Proses Continuous Casting dengan Pengontrol PID Robas H∞”, JOKI, vol. 7, no. 2, hlm. 103, Jan 2017.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>