KETERLINDIAN LOGAM BERAT DARI PEMANFAATAN LIMBAH SLAG BESI DAN BAJA SEBAGAI AGREGAT CAMPURAN LAPIS PERMUKAAN JALAN

https://doi.org/10.5614/j.tl.2016.22.1.1

Authors

  • Airine Luhnira Luhnira Perdana Program Magister Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung
  • Sukandar Sukandar Program Magister Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung

Abstract

Abstrak: Pencemaran lindi slag menjadi fokus utama lingkungan akibat tingginya produksi limbah slag dari industri pengolahan besi dan baja. Slag terpapar hujan asam berpotensi meningkatkan keterlindian logam berat ke badan air permukaan dan air tanah. Pemanfaatan slag sebagai agregat campuran lapis permukaan jalan merupakan upaya meminimasi pencemaran dengan membatasi pergerakkan logam berat. Permen LH No.2 Tahun 2008 menuntut pemanfaatan limbah slag dengan kriteria aman bagi lingkungan dan layak secara teknis. Penelitian bertujuan untuk mengkaji keterlindian logam berat dari limbah slag besi dan baja sebelum dan setelah dimanfaatkan sebagai subtitusi bahan baku campuran lapis permukaan jalan (AC-WC) melalui solidifikasi. Jenis slag yang diteliti adalah BF dan BOF. Keterlindian logam berat limbah slag serta produk solidifikasi dianalisis melalui pengujian ANC, TCLP standar dan modifikasi, uji pelindian statis dan dinamis. Uji karakteristik fisik dan kimia menunjukkan slag BF dan BOF berpotensi untuk dimanfaatkan melalui metode solidifikasi. Secara teknis, slag BF dan BOF layak digunakan sebagai bahan baku lapis permukaan jalan karena memenuhi spesifikasi Dep. PU melalui uji mutu agregat dan kinerja. Jenis logam berat yang berkontribusi sebagai pencemar utama untuk slag BF dan BOF yaitu Fe (641,5; 692,25 mg/kg), Ba (17,25; 17,75 mg/kg), Zn (17,25; 17,75 mg/kg), Cr (7,75; 9,75 mg/kg) dan Cd (5,25; 5,75 mg/kg). Uji TCLP standar dan modifikasi mengindikasikan slag besi dan baja tidak memiliki karakteristik toksik karena konsentrasi logam berat dalam lindi tidak melampaui baku mutu TCLP mengacu PP No.101 Tahun 2014. Urutan laju pelindian logam berat statis Ba>Fe>Zn>Cd>Cr, dinamis Zn>Ba>Cr>Fe>Cd. Kandungan Cd dalam lindi statis AC-WC berpotensi menimbulkan efek karsinogen, sedangkan efek non-karsinogen ditimbulkan oleh lindi statis AC-WC berbahan baku slag BOF.

 

Kata kunci: slag, agregat, keterlindian logam berat, solidifikasi, lapis permukaan jalan.

 

Abstract: Slag leachate pollution can be a great environmental concern due to generation of slag in numerous amounts of iron and steel-making industries. During periods of acid rain, these exposed slags release heavy metals into surface and groundwater. Slag utilization as asphalt concrete-wearing course (AC-WC) is a minimization effort to limit heavy metals migration. Ministry Regulation No.2/2008 requires two criteria of slag utilization that are safety for environmental and technical feasibility. The aim of research is investigating heavy metals leachability from iron and steel slag, before and after utilizing as AC-WC aggregate through solidification. Leachability of heavy metals produced from slag and solidification products were analyzed by ANC test, standard and modified TCLP test, static and dynamic leaching test. Materials that used in this research are BF and BOF slag. Physical and chemical characterization test show BF and BOF slags potentially utilize through solidification method. Technically, BF and BOF slags feasible used as raw materials of AC-WC, aggregate quality and performance test result show both of slag meet the Dep. of Public Works specifications. Fe (641.5; 692.25 mg/kg), Ba (17.25; 17.75 mg/kg), Zn (17.25; 17.75 mg/kg), Cr (7.75; 9.75 mg/kg), and Cd (5.25; 5.75 mg/kg) are the major pollutants that contain in both type of slags. Standard and modified TCLP test show BF, BOF slag, and solidification products are have no toxic character, heavy metals concentration in leachate not exceed the quality standards refer to GR No.101/2014. Static leaching rate of metals show Ba>Fe>Zn>Cd>Cr and Zn>Ba>Cr>Fe>Cd for dynamic. Cd in static AC-WC leachate has carcinogenic effect potential, while non-carcinogenic effects caused by static BOF AC-WC leachate.

 

Keywords: slag, aggregate, heavy metals leachability, solidification, asphalt concrete "“ wearing course.

References

DAFTAR PUSTAKA

Gunawan, G., Oetojo, P.D., Kusminingrum, N., Rahmawati, T., dan Leksminingsih. (2011) : Pemanfaatan Slag Baja untuk Teknologi Jalan yang Ramah Lingkungan. Pusjatan. Bandung, 5 - 6.

Hainin, M. R., Yusoff, N. I., Sabri, M. F. M., Aziz, M. A. A., Hameed, M. A. S., dan Reshi, W. F. (2012) : Steel Slag as an Aggregate Replacement in Malaysian Hot Mix Asphalt. ISRN Civil Engineering. 2012, 459016, 1 - 5.

Moustakas, K., Mavropoulos, Al., Katsou, E., Haralambous, K. J., dan Loizidou, M. (2012) : Leaching Properties of Slag Generated by a Gasification/Vitrification Unit: The Role of pH, Particle Size, Contact Time and Cooling Method Used, ScienceDirect: Journal of Hazardous Material, 207-208, 44 - 50.

Piatak, N.M., Michael B.P., dan Robert, R.S. (2014) : Characteristics and environmental aspects of slag: A review, Applied Geochemistry, 1 - 31.

Sofilic, T., Sofilic, U., dan Brnardic, I. (2012) : The Significance of Iron And Steel Slag as By-Product for Utilization in Road Construction. 12th International Foundrymen Conference Sustainable Development in Foundry Materials and Technologies, 419 - 436.

Tiwari, M. K., Bajpai, S., Dewangan,. U. K. (2015) : Suitability of Leaching Test Methods for Fly Ash and Slag: A Review, Journal of Radiation Research and Applied Sciences, 1 - 15.

Published

2016-04-01

How to Cite

Perdana, A. L. L., & Sukandar, S. (2016). KETERLINDIAN LOGAM BERAT DARI PEMANFAATAN LIMBAH SLAG BESI DAN BAJA SEBAGAI AGREGAT CAMPURAN LAPIS PERMUKAAN JALAN. Jurnal Teknik Lingkungan, 22(1), 1-10. https://doi.org/10.5614/j.tl.2016.22.1.1

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)