Rancang Bangun Sistem Penentuan Mutu Buah Lemon Berbasis Pengolahan Citra

https://doi.org/10.5614/joki.2021.13.2.7

Penulis

  • Muhammad Reza Arifandi Institut Teknologi Bandung
  • Naila Zahra Institut Teknologi Bandung
  • Endang Juliastuti Institut Teknologi Bandung

Abstrak

Lemon merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan dapat dinilai kualitasnya berdasarkan kematangan, ukuran, dan cacat. Warna dan ukuran adalah parameter utama bagi konsumen dalam menentukan kualitas lemon. Saat ini, mayoritas proses penentuan mutu lemon di Indonesia masih dilakukan secara manual. Penentuan mutu lemon secara manual merupakan pekerjaan yang melelahkan dan memakan banyak waktu dan biaya. Sebuah sistem penentuan mutu lemon secara otomatis dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh petani untuk tenaga kerja. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah sistem yang dapat menentukan tingkatan mutu lemon dengan menganalisa warna dan ukuran lemon. Sistem yang dirancang terdiri dari komputer Raspberry Pi 2B, kamera, dan sistem pencahayaan untuk pengambilan dan
pemrosesan citra lemon. Tiga jenis klasifikasi dilakukan oleh sistem, yaitu klasifikasi berdasarkan ukuran, warna, dan ada tidaknya cacat. Dengan metode tersebut, sistem yang dibuat memiliki performa yang cukup baik yaitu sebesar 47,08%. Sistem yang dibuat dapat mengukur diameter lemon dengan akurasi sebesar 98,79%, dan dapat menentukan mutu dalam waktu 0,343 detik.

Diterbitkan

2021-11-03

Cara Mengutip

[1]
M. R. Arifandi, N. Zahra, dan E. Juliastuti, “Rancang Bangun Sistem Penentuan Mutu Buah Lemon Berbasis Pengolahan Citra”, JOKI, vol. 13, no. 2, hlm. 117-123, Nov 2021.