Perancangan Virtual Simulator Sistem Pengendalian Level Berbasis Web Server untuk Praktikum Teknik Otomasi

https://doi.org/10.5614/joki.2022.14.1.1

Penulis

  • I Putu Eka Widya Pratama Departemen Teknik Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh November
  • Totok Soehartanto Departemen Teknik Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh November
  • Ahmad Lazuardi Iman Departemen Teknik Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh November

Abstrak

Kegiatan praktikum memiliki peran penting dalam pendidikan teknik, terlebih untuk pendidikan vokasi yang memiliki sistem pengajaran dengan rasio 60% praktek dan 40% teori. Pandemi COVID-19 saat ini, terdapat himbauan untuk menjaga jarak (Physical Distancing) serta mengakibatkan mahasiswa tidak dapat melakukan pengajaran dan praktikum secara langsung. Virtual Live Streaming Simulator memungkinkan praktikan untuk mengakses dan berinteraksi dengan alat praktikum melalui layanan live streaming. Pada penelitian ini plant yang digunakan adalah plant pengendalian level air dengan dua buah pompa. Virtual Live Streaming Simulator terdapat webcam yang akan terhubung kepada website menggunakan live streaming service. Web server digunakan untuk menghubungkan praktikan dengan alat pengendalian level secara virtual, sehingga praktikan dapat mengubah nilai setpoint, serta dapat memonitoring variabel proses melalui website. Tahap rancang bangun sistem ini dibagi dua yaitu rancang bangun sistem interface dan sistem live streaming pada web. Tahap karakterisasi digunakan untuk mengetahui performasi alat dan tahap pengujian Virtual Live Streaming Simulator ini terletak pada akses live streaming dan interaksi praktikan dengan plant pengendalian level air. Data yang akan diambil adalah data latensi dari sistem tersebut.

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

[1]
I. P. E. W. Pratama, T. . Soehartanto, dan A. L. Iman, “Perancangan Virtual Simulator Sistem Pengendalian Level Berbasis Web Server untuk Praktikum Teknik Otomasi”, JOKI, vol. 14, no. 1, hlm. 1-9, Apr 2022.