Perancangan Sistem Simulasi HYSYS & Integrasi dengan Programmable Logic Controller-Human Machine Interface : Studi Kasus pada Plant Kolom Distilasi Etanol-Air

https://doi.org/10.5614/joki.2014.6.1.1

Penulis

  • Albert Soputra
  • Parsaulian Ishaya Siregar
  • Estiyanti Ekawati

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini membahas perancangan sistem terintegrasi dengan Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), dan sistem simulasi dengan HYSYS sebagai komponen sistem. Studi kasus pada penelitian ini adalah plant kolom distilasi etanol-airskala labroratorium. Kolom distilasi terdiri dari 15 bubble cap trays, kondenser, dan reboiler. Input proses distilasi adalah daya reboiler dan outputnya temperatur kolom. Proses yang terjadi adalah batch distilation.

Pemodelan proses dilakukan menggunakan fitur yang tersedia pada HYSYS. Integrasi sistem yang dirancang meliputi 1 unit PLC Allan Bradley sebagai komponen akuisisi data, program HYSYS sebagai perangkat simulasi, dan InTouch Wonderware sebagai media antar muka. Komunikasi antar komponen tersebut ditangani oleh TOP Server dengan protokol OPC dan Ms Excel 2010 yang menangani komunikasi HYSYS-TOP Server dengan protokol DDE. Dalam kegiatan operasi, semua proses yang terjadi pada setiap komponen akan berlangsung secara simultan dan real-time.

Dari percobaan yang dilakukan, didapati temperatur yang tercatat pada virtual plant sebesar 78â°C dan pada plant nyata sebesar 80â°C, kedua nilai temperatur tersebut relatif sama. Data fraksi mol pada plant nyata dan HYSYS juga tidak berbeda jauh yaitu 0.834 dan 0.891.

Kata kunci Integrasi sistem, PLC, HMI, HYSYS, distilasi, simulasi dinamik

Diterbitkan

2015-03-20

Cara Mengutip

[1]
A. Soputra, P. I. Siregar, dan E. Ekawati, “Perancangan Sistem Simulasi HYSYS & Integrasi dengan Programmable Logic Controller-Human Machine Interface : Studi Kasus pada Plant Kolom Distilasi Etanol-Air”, JOKI, vol. 6, no. 1, hlm. 1, Mar 2015.