Komparasi Metode Deteksi Friksi Statis Katup Berbasis Pencocokan Grafis
Kata Kunci:
Sistem kontrol, friksi statis, pencocokan grafis, pencocokan kurva, pencocokan elipsAbstrak
Akhir-akhir ini, performansi yang buruk pada sistem kontrol menjadi isu yang penting dalam industri. Performansi yang buruk pada sistem kontrol akan memberikan dampak negatif pada proses produksi sebuah industri, seperti menurunnya kuantitas ataupun kualitas hasil industri. Masalah utama dari sistem kontrol adalah ketidaklinieran yang disebabkan oleh adanya friksi statis pada katup. Penelitian mengenai friksi statis sudah banyak dilakukan. Metode-metode yang pernah diperkenalkan menggunakan beberapa teknik yang berbeda-beda, seperti pencocokan grafis, pengolahan sinyal, dan perhitungan statistik. Dalam makalah ini dibandingkan dua metode yang menggunakan teknik pencocokan grafis, yaitu pencocokan kurva yang dirumuskan oleh He dan pencocokan elips yang dirumuskan oleh Choudhury. Perbandingan dilakukan dengan 2 jenis input, yaitu data simulasi dan implementasi pada data industri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pencocokan elips lebih baik dalam mendeteksi friksi statis dibandingkan dengan pencocokan kurva menggunakan data simulasi, tetapi kedua metode memberikan hasil yang hampir sama pada implementasi data industri. Kelebihan lain dari metode pencocokan elips adalah dapat mengkuantifikasi besarnya friksi statis yang terjadi.
Referensi
Zakharov, Alexey, Elena Zattoni, Lei Xie, Octavio Pozo Garcia, and Sirkka-Liisa Jamsa-Jounela. An autonomous valve stiction detection system based on data characterization, Control Engineering Practice 21, no. 11 (2013): 1507-1518.
Rossi, M., & Scali, C, A comparison of techniques for automatic detection of stiction: simulation and application to industrial data, Journal of Process Control, 15(5), 505-514, 2005.
Jelali, M., & Huang, B. (Eds.), Detection and diagnosis of friksi statis in control loops: state of the art and advanced methods. London: Springer Science & Business Media, 2009.
He, Q. P., Wang, J., Pottmann, M., & Qin, S. J, A curve fitting method for detecting valve stiction in oscillating control loops, Industrial & engineering chemistry research, 46(13), 4549-4560, 2007.
K. Daniel, Implemetasi Deteksi Friksi statis pada Katup Kontrol Berbasis Metode Pencocokan Grafis, Skripsi, Universitas Gadjah Mada, 2015.
Choudhury, M. S., Shah, S. L., & Thornhill, N. F, Diagnosis of poor control-loop performance using higher-order statistics, Automatica, 40(10), 1719-1728, 2004.
Choudhury, M. S., Shah, S. L., Thornhill, N. F., & Shook, D. S, Automatic detection and quantification of stiction in control valves, Control Engineering Practice, 14(12), 1395-1412, 2006.
Shoukat-Choudhury, S. M. A. A., Shah, S. L., & Thornhill, N. F, Diagnosis of Process Nonlinearities and Valve Stiction, London: Springer Science & Business Media, 2008.
Choudhury, MAA Shoukat, Nina F. Thornhill, and Sirish L. Shah. Modelling valve stiction. Control engneering practice 13, no. 5 (2005): 641-658.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Penulis yang menerbitkan di Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan menyatakan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi yang berasal dari jurnal ini
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, menyimpan ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan menyatakan pengakuan terhadap publikasi yang berasal dari jurnal ini.