Komparasi Metode Deteksi Friksi Statis Katup Berbasis Pencocokan Grafis
Keywords:
Sistem kontrol, friksi statis, pencocokan grafis, pencocokan kurva, pencocokan elipsAbstract
Akhir-akhir ini, performansi yang buruk pada sistem kontrol menjadi isu yang penting dalam industri. Performansi yang buruk pada sistem kontrol akan memberikan dampak negatif pada proses produksi sebuah industri, seperti menurunnya kuantitas ataupun kualitas hasil industri. Masalah utama dari sistem kontrol adalah ketidaklinieran yang disebabkan oleh adanya friksi statis pada katup. Penelitian mengenai friksi statis sudah banyak dilakukan. Metode-metode yang pernah diperkenalkan menggunakan beberapa teknik yang berbeda-beda, seperti pencocokan grafis, pengolahan sinyal, dan perhitungan statistik. Dalam makalah ini dibandingkan dua metode yang menggunakan teknik pencocokan grafis, yaitu pencocokan kurva yang dirumuskan oleh He dan pencocokan elips yang dirumuskan oleh Choudhury. Perbandingan dilakukan dengan 2 jenis input, yaitu data simulasi dan implementasi pada data industri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pencocokan elips lebih baik dalam mendeteksi friksi statis dibandingkan dengan pencocokan kurva menggunakan data simulasi, tetapi kedua metode memberikan hasil yang hampir sama pada implementasi data industri. Kelebihan lain dari metode pencocokan elips adalah dapat mengkuantifikasi besarnya friksi statis yang terjadi.
References
Zakharov, Alexey, Elena Zattoni, Lei Xie, Octavio Pozo Garcia, and Sirkka-Liisa Jamsa-Jounela. An autonomous valve stiction detection system based on data characterization, Control Engineering Practice 21, no. 11 (2013): 1507-1518.
Rossi, M., & Scali, C, A comparison of techniques for automatic detection of stiction: simulation and application to industrial data, Journal of Process Control, 15(5), 505-514, 2005.
Jelali, M., & Huang, B. (Eds.), Detection and diagnosis of friksi statis in control loops: state of the art and advanced methods. London: Springer Science & Business Media, 2009.
He, Q. P., Wang, J., Pottmann, M., & Qin, S. J, A curve fitting method for detecting valve stiction in oscillating control loops, Industrial & engineering chemistry research, 46(13), 4549-4560, 2007.
K. Daniel, Implemetasi Deteksi Friksi statis pada Katup Kontrol Berbasis Metode Pencocokan Grafis, Skripsi, Universitas Gadjah Mada, 2015.
Choudhury, M. S., Shah, S. L., & Thornhill, N. F, Diagnosis of poor control-loop performance using higher-order statistics, Automatica, 40(10), 1719-1728, 2004.
Choudhury, M. S., Shah, S. L., Thornhill, N. F., & Shook, D. S, Automatic detection and quantification of stiction in control valves, Control Engineering Practice, 14(12), 1395-1412, 2006.
Shoukat-Choudhury, S. M. A. A., Shah, S. L., & Thornhill, N. F, Diagnosis of Process Nonlinearities and Valve Stiction, London: Springer Science & Business Media, 2008.
Choudhury, MAA Shoukat, Nina F. Thornhill, and Sirish L. Shah. Modelling valve stiction. Control engneering practice 13, no. 5 (2005): 641-658.
Published
How to Cite
Issue
Section
An author who publishes in the Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.